Kamis, 18 April 2024
Selular.ID -

Solusi Iot Envion Milik Telkomsel, Mampu Pantau Konsumsi Energi pada Perusahan

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Telkomsel siap membantu meningkatkan daya saing industri dan membangun ekosistem Industri 4.0 Tanah Air dengan terus berinovasi menghadirkan solusi dan layanan digital untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan, sekaligus mendorong kemampuan industri dalam mengadopsi teknologi masa depan.

Komitmen tersebut kini diwujudkan melalui peluncuran layanan Internet of Things (IoT) terbaru bernama Energy Visibility Solution (Envion), sebuah solusi berbasis artificial intelligence (AI) yang bermanfaat untuk otomasi dan optimasi sistem manajemen energi bagi segmen korporasi.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam kesempatan tersebut menceritakan bahwa Indonesia kini kian aktif mengakselerasi transformasi menuju Industri 4.0 untuk membawa Indonesia menjadi salah satu perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030.

Baca juga: Telkomsel Terapkan Teknologi NB-IoT untuk Solusi Smart Water Meter

“Oleh karena itu, kami sangat bangga dapat kembali menghadirkan Telkomsel IoT Envion sebagai solusi digital masa depan terbaru bagi perusahaan yang memiliki ketergantungan akan pasokan listrik sebagai sumber energi. Telkomsel IoT Envion dilengkapi dengan fitur unggulan yang secara otomatis dapat memantau konsumsi energi,” terang Hendri dalam peluncuranya, Kamis (12/8).

Untuk tahap awal implementasi layanan solusi Telkomsel IoT Envion akan mendukung Telkominfra dalam mengoptimalkan teknologi digital serta akses konektivitas terdepan dengan mendorong pemanfaatan energi yang tepat guna.

“Terobosan ini sekaligus melengkapi portfolio Telkomsel IoT dalam mendorong otomasi yang menyeluruh di sektor industri secara berkelanjutan,” sambungnya.

Sementara itu Dharma Simorangkir, Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel menceritakan Teknologi IoT Envion juga dapat dimanfaatkan beragam jenis sektor, mulai dari operator telekomunikasi, industrial park dan manufacture, tower provider, bank, finance, retail hingga penyedia data center yang sangat bergantung pada pasokan listrik, sehingga berpotensi besar mengalami kerugian apabila terjadi insiden pada suplai energi dapat mengandalkan solusi tersebut.

Baca juga: Telkomsel Mitra Inovasi Pimpin Investasi Pre-Series A di Feedloop

“Terlebih dalam konteks pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), semua industri memiliki perkejaan yang harus tetap berjalan, dan hal itu juga mendorong penggunaan teknologi IoT pada perusahan semakin tinggi, dengan begitu operasional pekerjaan mengunakan mesin menjadi semakin cepat, dan bisnis pun bisa bergerak sefleksibel mungkin,” papar Dharma.

Kemudian Dharma menegaskan, solusi ini dapat menjadi jalan keluar perusahaan yang memang memilki jumlah site besar dan membutuhkan energy management yang dapat memeriksanya secara real time, alhasil ujungnya dapat menekan cost secara efektif bagi perusahaan.

Baca juga: Jumlah Pelanggan XL Axiata Tumbuh Menjadi 56,77 Juta di Q2 2021  

Insiden semacam genset atau cadangan baterai yang tak dapat berfungsi baik, potensi pencurian daya, hingga tagihan listrik yang terlalu membebani biaya operasional dapat terhindarkan dengan pemanfaatan solusi inovatif dari Telkomsel IoT tersebut.

Peluncuran Telkomsel IoT Envion ditandai juga dengan dilakukannya penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Telkomsel dengan Telkominfra yang akan menggunakan solusi Telkomsel IoT Envion untuk kebutuhan dukungan Data Center perusahaan.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU