Jumlah Pelanggan XL Axiata Tumbuh Menjadi 56,77 Juta di Q2 2021  

Jakarta, Selular.ID – XL Axiata melaporkan kinerja perusahaan kuartal II/2021 (Q2 2021) tumbuh positif. Dari sisi jaringan, pada kuartal II/2021, XL berhasil meningkatkan jumlah total BTS menjadi 156.709 unit, atau naik 12 persen secara tahunan.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini, memaparkan jumlah BTS 4G naik menjadi 65.658, dari 49.744 di periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara untuk area yang terlayani 4G mencapai total 458 kota/kabupaten. Peningkatan kualitas dan jangkauan jaringan XL Axiata, berhasil mendorong peningkatan lalu lintas penggunaan data.

Baca juga: Kawasan Industri Jadi Pengembangan layanan 5G XL Axiata?  

“Pencapaian positif ini tidak terlepas dari keberhasilan penjualan dan kenaikan trafik yang kami raih di sepanjang periode Lebaran lalu,” jelas Dian.

Tercatat, selama semester I/2021, total lalu lintas data layanan meningkat sebesar 33 persen secara tahunan menjadi 2.963 Petabyte.  Peningkatan lalu lintas data ini mendorong meningkatnya pendapatan data.

Pendapatan data pada kuartal II/2021 meningkat sebesar 9 persen menjadi Rp5,90 triliun.  Pendapatan dari layanan data berkontribusi sebesar 94 persen dari total pendapatan perseroan.

Dan untuk total jumlah pelanggan tercatat meningkat menjadi 56,77 juta, dari sebelumnya 56,02 juta di kuartal pertama.

Baca juga: Menakar Niat Gelaran Layanan 5G XL Axiata di Tanah Air 

XL Axiata pun menegaskan akan terus memperluas jaringan, khususnya di luar Pulau Jawa. Program fiberisasi juga terus digenjot untuk meningkatkan kualitas layanan data.

Dari sisi produk, pada kuartal kedua 2021, perseroan meluncurkan produk baru, salah satunya paket XL SATU Fiber, yang merupakan pionir layanan konvergensi di Indonesia. Produk ini menggabungkan layanan seluler XL dengan layanan fixed broadband XL Home.

Sementara itu, upaya digitalisasi untuk meningkatkan penjualan produk-produk XL Axiata juga terus dilakukan, dari mulai untuk mendeteksi kebutuhan setiap pelanggan berdasarkan profil penggunaan layanan, menyediakan perangkat digital yang memudahkan pelanggan dalam membeli produk, hingga penyediaan promo sesuai profil pelanggan.