Industri Cloud Computing Terus Tumbuh di Tanah Air

Jakarta, Selular.ID – Peranan Cloud Computing sebagai Digital Enabler terus mendorong kebutuhan industri untuk mengadopsi cloud sebagai pengembangan dan optimalisasi operational bisnis.

Rendy Maulana, Chairman Cloud Association Hosting Indonesia (ACHI) menjelaskan industri cloud di Indonesia sendiri tumbuh lebih dari 30 persen setiap tahunya.

“lalu secara tren prilaku pengguna juga cenderung berubah akibat pandemi covid-19, yang dimana pengguna semakin memilih untuk menyimpan data dan backup data pada layanan penyimpanan online karena kemudahan, dan biyaya lebih terjangkau ketimbang menyimpanya di dalam komputer, laptop, flashdisk, harddisk eksternal,” terang Rendy, disela acara peluncuran data center Aconis Indonesia, Kamis (19/8).

Baca juga: Serangan Layanan Cloud dan Solusi Pendukung WFH Meningkat 630%

Tak hanya perubahan prilaku, pandemi juga mendorong hingga realita aktivitas industri yang mesti bergerak dengan cepat dan kompetitif, perusahaan perlu menimbang infrastruktur IT.

Berdasarkan data yang dirilis oleh IDC, analisis market size Cloud tahun 2020 saja memiliki kenaikan yang cukup signifikan sebesar 31,7% jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan analisa tersebut industri di Indonesia, cloud computing semakin diminati dalam pemenuhan kebutuhan baik Infrastruktur IT ataupun layanan cloud lainnya.

Sementara itu General Manager Acronis APAC Neil Morarj menilai Indonesia adalah salah satu fokus utama Acronis di kawasan Asia Pasifik, dengan salah satunya menghadirkan solusi Acronis Cyber Cloud Data Center di Tanah Air.

“Kami telah menggelontorkan investasi sebesar US$250 juta baru-baru ini ke pasar Indonesia. Acronis secara agresif menggenjot investasi dan pengembangan bisnis di pasar Indonesia sebagai salah satu fokus utama perushaaan di kawasan Asia Pasifik yang memiliki pertumbuhan sangat cepat,” papar Neil.

Baca juga: Cloud Gaming di Era 5G akan Berjaya!

Neil menambahkan solusi Cyber Cloud Data Center ini juga memiliki integrasi yang unik dari backup, pemulihan bencana pada sistem, antimalware generasi berikutnya, keamanan siber dan endpoint management tools, yang semuanya dikelola melalui satu panel kaca.

“Solusi ini bersertifikasi VB100 membuat Acronis Cyber Protect mendapatkan penghargaan inovasi produk baru 2020 untuk perlindungan data,” lanjutnya.