Jumat, 24 Mei 2024
Selular.ID -

Rombak Target Konsumen, BNI Multifinance Migrasi ke Cloud Computing Gandeng AWS dan CDT

BACA JUGA

Selular.ID – Sejak Oktober 2022, layanan pembiayaan BNI Multifinance bertransformasi. Dari yang sebelumnya menggarap segmen korporasi, mulai tahun 2023 menyasar konsumen retail.

Guna memuluskan transformasi perusahaan, BNI Multifinance mulai mengimplementasikan cloud computing hingga ke level core system.

Dalam praktiknya, perusahaan menggandeng Central Data Technology (CDT) bersama Amazon Web Service (AWS).

CDT Dan AWS hari ini (23/08/2023) mengumumkan mereka telah selesai memodernisasi core systems BNI Multifinance.

Kerja sama antara CDT dan AWS ini bertujuan untuk membantu memastikan operasi yang tangguh, aman, dan optimal untuk inovasi dan pertumbuhan berkelanjutan BNI Multifinance.

Selesainya proyek ini telah mempercepat evolusi BNI Multifinance untuk bertransformasi digital. Dengan dukungan dari CDT dan AWS, semakin memudahkan BNI Multifinance untuk menawarkan produk dan layanan digital baru serta memenuhi permintaan pelanggan dengan lebih cepat, hal ini juga bertujuan untuk mendukung rencana strategis dan pertumbuhan bisnis, serta memastikan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku.

Core Systems BNI Multifinance yang sebelumnya berjalan di arsitektur berbasis on-premises, tidak memberikan fleksibilitas dan skalabilitas yang diperlukan bagi BNI Multifinance dalam mengembangkan layanan digital baru guna tingkatkan pengalaman pelanggan.

Dengan menempatkan core systems ke arsitektur berbasis cloud, akan semakin memudahkan BNI Multifinance untuk mengembangkan serta menjalankan aplikasi dan layanan dengan lebih aman di berbagai lingkungan teknologi.

Melalui kolaborasi yang baik dengan CDT dan AWS, proses penggantian new core systems BNI Multifinance berlangsung secara cepat dan efisien sehingga dapat selesai dalam waktu 3
bulan yang rata-rata bisa memakan waktu 12 bulan dan tanpa adanya gangguan pada operasional bisnis secara signifikan. Suksesnya migrasi ke AWS Cloud dirasakan BNI Multifinance tidak hanya telah membantu memastikan operasional bisnis yang tangguh, aman, dan optimal, tetapi juga menyediakan platform untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan.

Dalam upaya membangun sistem pemulihan bencana yang handal bagi PT BNI Multifinance,
CDT telah memanfaatkan tiga Zona Ketersediaan AWS di Wilayah Asia Pasifik (Jakarta).

Pendekatan infrastruktur ini telah secara efektif meningkatkan ketersediaan sistem perusahaan, menjauhkan risiko potensi down time maupun kehilangan data yang mungkin terjadi.

BNI Multifinance menggunakan sejumlah layanan AWS Cloud seperti Amazon Elastic Compute Cloud (EC2) untuk menjalankan layanan aplikasi-aplikasi utama dan Relational Database Service (RDS) untuk menyimpan data-data kritikal dari core systems, termasuk automatic backups, software patching, dan monitoring. BNI Multifinance juga menggunakan layanan Elastic Kubernetes Service (EKS) yang mampu menjalankan aplikasi dalam container-container dimana lingkungan aplikasi disimulasikan sesuai dengan kondisi lingkungan aslinya.

Legendariah, Director of Finance, IT & Operations, BNI Multifinance
Legendariah, Director of Finance, IT & Operations, BNI Multifinance

Sebagai penyedia jasa keuangan, BNI Multifinance juga mengimplementasikan layanan Web Application Firewall (WAF) dari AWS Cloud untuk meningkatkan keamanan data dengan melindungi aplikasi berbasis web dan database yang dimigrasikan dari potensi serangan siber.

“Melalui kerjasama dengan AWS dan CDT dalam proyek transformasi ini, menjadikan BNI Multifinance mampu merespons kebutuhan konsumen yang selalu berubah-ubah dengan lebih cepat, mengalokasikan sumber daya kami secara lebih efisien untuk fokus pada apa yang mendorong pertumbuhan, dan menghadirkan layanan serta produk ke pasar dengan lebih kompetitif,” kata Legendariah, Director of Finance, IT & Operations, BNI Multifinance.

Lugas M Satrio, CEO PT Central Data Technology.
Lugas M Satrio, CEO PT Central Data Technology.

“CDT telah bermitra dengan berbagai perusahaan terkemuka seperti BNI Multifinance dalam membantu journey transformasi digital dan pertumbuhan bisnis serta mempercepat inisiatif modernisasi aplikasi mereka,” kata Lugas M Satrio, CEO PT Central Data Technology.

Dengan keahlian sebagai Advanced Consulting Partner AWS, kami sangat bangga menjadi bagian dari upaya BNI Multifinance untuk menjadi lebih tangguh, fleksibel, dan siap menghadapi tantangan masa depan yang menuntut perusahaan meningkatkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi,” imbuh Lugas.

“Kami berkomitmen untuk terus memperkuat kolaborasi dengan AWS dan bersama-sama mendorong transformasi digital perusahaan di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi dan layanan AWS Cloud,” lanjutnya.

“AWS memberikan pelanggan kemampuan untuk membangun aplikasi berbasis teknologi
cloud yang canggih dan mencapai tingkat keamanan, ketersediaan, dan ketangguhan
tertinggi,” ujar Anthony Amni, Country Manager, AWS Indonesia.

Fanly Tanto, Head of Enterprise Sales AWS Indonesia
Fanly Tanto, Head of Enterprise Sales AWS Indonesia

“Kami sangat berkomitmen untuk mendukung bisnis lokal seperti CDT dalam mempercepat transformasi industri di Indonesia. Bersama dengan CDT, kami sangat senang berkontribusi dalam mendorong BNI Multifinance, yang memiliki posisi utama dalam menyediakan layanan keuangan, untuk memberikan pengalaman pelanggan yang dapat membedakan BNI Multifinance di masa kini dan masa mendatang,“ pungkas Anthony.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU