Selasa, 16 April 2024
Selular.ID -

Diluncurkan 4 Bulan Lalu, Ini Dampak iOS 14.5 Sesungguhnya

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Update iOS 14.5.1 resmi dibagikan untuk pengguna umum beberapa bulan lalu, dan sejak update ini mulai tersedia, April Tayson, Regional Vice President INSEA, Adjust, baru – baru ini menganalisa para pengembang aplikasi mobile, pemasar dan seluruh pelaku industri, untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang perubahan dan pergerakan yang terjadi.

Menurutnya, untuk mendapatkan gambaran perubahan yang lebih baik dan menavigasikan pergerakan pasar, sangatlah penting untuk mengumpulkan dan menganalisa data sejak perubahan baru diluncurkan. Jadinya, dengan bantuan data, para pemasar mobile bisa mendapatkan wawasan, pencerahan dan merencanakan langkah berikutnya.

Cabang iOS 14.5 bukan hanya pengukuran dan atribusi. Lebih jauh lagi, selain tingkat persetujuan, pemasar juga perlu melihat indikator lainnya. Bersama AppLovin, Adjust melihat bagaimana perubahan baru juga mempengaruhi ad targeting dan ad revenue.
Tingkat Persetujuan

Sejak iOS 14.5, aplikasi diwajibkan untuk meminta persetujuan dari pengguna untuk melakukan pelacakan lintas situs web dan aplikasi agar dapat menayangkan iklan yang ditargetkan. Beberapa artikel menunjukkan bahwa sejak peluncuran bulan lalu, tingkat persetujuan pengguna di tingkat global hanya 5%. Akan tetapi, hasil yang dicapai oleh aplikasi yang dibuat oleh studio milik AppLovin tampak jauh lebih baik.

Hasil yang dicapai oleh beberapa game populer:

Tingkat persetujuan sangat bervariasi, tetapi hasilnya menjanjikan dengan tingkat rata-rata yang melebihi perkiraan awal.

1. Iklan memiliki tingkat persetujuan yang lebih tinggi
Para konsumen menemukan game ini melalui iklan dan lebih tertarik untuk melihat iklan yang relevan karena mereka terbiasa menemukan konten yang menarik dengan cara ini. Misalnya, dari data yang disajikan di atas, Animal Transform dan Save the Girl adalah game hiperkasual yang ditemukan oleh konsumen melalui iklan. Sebagian besar pengguna akan menemukan game melalui iklan dan cenderung akan menemukan game/aplikasi lain yang menarik bagi mereka melalui iklan yang ditayangkan di dalam game tersebut. Tingkat persetujuan sudah mencapai lebih dari 70%.

Cara untuk mendapatkan tingkat persetujuan yang tinggi adalah dengan secara jelas dan sederhana menjelaskan tentang manfaat dari memberikan persetujuan dan berbagi data agar dapat melihat iklan yang relevan. Karena pengguna adalah bagian dari audience yang telah mendapatkan manfaat dari melihat iklan yang relevan di masa lampau, mereka kemungkinan besar dapat memahami keuntungan apabila mekanisme ini dilanjutkan. Transparansi meningkatkan kepercayaan dan membantu pengguna mengambil keputusan yang baik.

2. Meningkat seiring berjalannya waktu
Tingkat persetujuan cenderung naik seiring dengan meningkatnya tingkat pengadopsian iOS 14.5+. Saat ini, tingkat pengadopsian iOS 14.5 di bawah 15%. Akan tetapi, seiring dengan meningkatnya tingkat pengadopsian dan bertambahnya jumlah aplikasi yang meminta persetujuan, pengguna akan semakin teredukasi mengenai manfaat dari iklan yang relevan dan tingkat persetujuan akan meningkat.
Dari data, dapat diprediksi bahwa rata-rata tingkat persetujuan adalah 40% dan bahkan dapat meningkat hingga 50% seiring dengan berjalannya waktu.

SKAdNetwork
Saat Apple memberikan pengumuman tentang SKAdNetwork 2.0 di bulan Juni 2020 sebagai persiapan untuk peluncuran iOS 14, industri menanggapi dengan mengklaim bahwa solusi atriatribusi Apple tidak akurat dan tingkat pengadopsian di kalangan publisher tidak memadai. Waktu tambahan antara pengumuman awal iOS 14 dan peluncuran aktual iOS 14.5 memberikan waktu tambahan bagi ekosistem untuk mempersiapkan dan membangun model dan solusi yang dapat mengakomodasi perubahan-perubahan ini.

Sejak peluncuran iOS 14.5, telah dilakukan pengujian terhadap SKAdNetwork untuk pengunduhan dan pengunduhan ulang. Untuk dapat menentukan bahwa akurasi nyaris sempurna dengan atribusi tradisional. Sebagian besar inventaris iOS kini mendukung SKAdNetwork dan secara akurat dapat dilaporkan konversi ini. Apple berhasil menciptakan solusi yang dapat berjalan dengan baik.

Dampak pendapatan
Laporan yang diterbitkan setelah pengumuman awal iOS 14 mengindikasikan bahwa sebagian besar industri diperkirakan akan mengalami penurunan pendapatan iklan sebesar 50%. Data menunjukkan bahwa CPM menurun sebesar ~30% di kalangan pengguna iOS yang tidak memberikan persetujuan. Akan tetapi, ini diimbangi dengan jumlah pengguna iOS dan Android yang memberikan persetujuan sehingga menghasilkan CPM yang lebih tinggi. Alhasil, pendapatan iklan bagi para publisher akan meningkat dan kemudian menggantikan pendapatan iklan yang hilang dari kelompok yang tidak memberikan persetujuan.

Baca Juga:Apple Akhirnya Resmi Luncurkan iOS 14.5!

Secara keseluruhan, dampak terhadap pendapatan iklan tampaknya minor atau bahkan tidak ada. Ini menjadi indikator kuat bahwa industri akan terus mempertahankan pertumbuhan yang cepat dan bahwa ekosistem periklanan akan terus berkembang.
Dunia yang kita tinggali telah mengalami berbagai perubahan dalam 18 bulan terakhir.

Walaupun iOS 14 telah memberikan dampak yang signifikan terhadap cara pengembang dan pemasar menggunakan periklanan seluler, hasil yang dicapai dari segi tingkat persetujuan, akurasi dan pengadopsian SKAdNetwork, serta dampak terhadap pendapatan iklan menunjukkan bahwa kondisi aktual industri jauh lebih lebih baik daripada perkiraan awal. Realita yang terjadi adalah bahwa pasar, konsumen, dan platform terus beradaptasi.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU