spot_img
BerandaNewsE-Commerce11 Juta Mitra Tokopedia Didominasi UMKM

11 Juta Mitra Tokopedia Didominasi UMKM

-

Jakarta, Selular.ID – Melalui mitra yang bekerjasama, Tokopedia terus mengakselerasi adopsi platform digital bagi para pegiat usaha tradisional, termasuk pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenisnya, bahkan di tengah pandemi. Para pegiat usaha tradisional dapat mengembangkan usaha bahkan di tengah pandemi melalui sederet fitur di Mitra Tokopedia. Fitur terrsebut diantaranya fitur Grosir, fitur Penjualan Produk Digital hingga fitur Catat Hutang, yang dapat membantu pemilik warung mengatur pembukuan secara digital.

“Mitra Tokopedia juga baru saja meluncurkan fitur Pembayaran Penerimaan Negara, yang memungkinkan masyarakat bisa membayar pajak dan penerimaan negara. Mulai dari PBB, SBN, Pajak Online, Bea Cukai, PNBP dan masih banyak lainnya, langsung lewat warung,” ujar Karina Susilo, Head of New Retail Tokopedia kepada Selular ID disela acara Tokopedia Fokus Digitalisasi Warung, Kamis (12/8/2021).

Menurut riset Tokopedia Oktober 2020, pelaku usaha tradisional yang mengadopsi Mitra Tokopedia  merasakan berbagai dampak positif. 5 dari 10 Mitra bisa punya tabungan tambahan. Di sisi lain, hampir 80% mitra meraih keuntungan tambahan lebih dari 2x lipat.

Erni yang bergabung menjadi Mitra Grosir di Palembang sejak 2019 adalah salah satu contohnya. Erni yang juga berperan sebagai orang tua tunggal mengatakan usaha warung ini menjadi mata pencarian utama keluarga.

“Selain produk grosir, saya juga berjualan produk digital, seperti pulsa, paket data dan token listrik. Omzet saya kini naik hingga 2x lipat dibanding sebelum memakai Mitra Tokopedia. Penghasilan dari warung bisa saya gunakan untuk membeli kebutuhan rumah tangga, menyekolahkan anak hingga membantu orang tua,” tutur Erni.

Baca juga :  Xiaomi Mulai Uji Coba MIUI Berbasis Android 12 untuk Versi Global

Selain itu, Patria Ismalinda yang bergabung sebagai Mitra Digital di Papua sejak 2021 merasa terbantu sejak bergabung sebagai Mitra Tokopedia.

Baca juga: Tokopedia Dukung Produk Elektronik Lokal, Harga Dijamin Super Murah!

“Kemudahan membeli produk digital melalui Mitra Tokopedia mendatangkan lebih banyak pelanggan. Omzet warung saya meningkat hampir 2x lipat. Apalagi di masa pandemi, pulsa dan paket data telah menjadi salah satu kebutuhan untuk bekerja dan sekolah dari rumah,” ucap Patria.

Sementara itu, Karina mengungkapkan bahwa selama hampir tiga tahun, Mitra Tokopedia telah membantu jutaan pegiat usaha tradisional melayani puluhan juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Baca juga :  Xiaomi Mulai Uji Coba MIUI Berbasis Android 12 untuk Versi Global

“Hingga saat ini, Tokopedia telah memiliki kurang lebih 11 juta mitra penjual Tokopedia yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dari 11 juta mitra Tokopedia, kebanyakan didominasi oleh pelaku UMKM. Jumlah penambahan kota dan kabupaten yang telah dijangkau Mitra Tokopedia meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan dua tahun belakangan,” jelas Karina.

Karina menambahkan, hingga kini Mitra Tokopedia sudah menjangkau Purwokerto, Jember, Medan Barat, Tegal hingga Banjarmasin.

“Kami berharap seluruh profesi di Indonesia, termasuk pemilik warung, dapat berevolusi menjadi perusahaan teknologi lewat ekosistem Mitra Tokopedia sehingga bisa selalu relevan dengan perkembangan zaman,” tutup Karina.

spot_img

Artikel Terbaru