BerandaNewsMarket UpdateQualcomm Bagi Produksi Snapdragon 895 Untuk Samsung Dan TSMC

Qualcomm Bagi Produksi Snapdragon 895 Untuk Samsung Dan TSMC

-

Jakarta, Selular.ID –¬†Qualcomm dikabarkan sedang mengerjakan penerus prosesor Snapdragon 888, yang akan didasarkan pada proses 4 nanometer (nm). Seorang leaker terkenal menegaskan bahwa varian SoC Plus ini tidak hanya direncanakan dengan spesifikasi yang sama, tetapi juga akan dibuat oleh pemasok yang berbeda untuk Snapdragon 895.

Qualcomm baru saja mengumumkan prosesor ponsel kelas unggulan terbarunya sebagai Snapdragon 888+. Namun, keterangan rahasia yang produktif Ice Universe mengklaim telah mengungkap beberapa detail tentang chipset yang akan datang setelahnya pada tahun 2022.

Leaker yang andal ini mengkonfirmasi bahwa SoC generasi berikutnya ini akan disebut Snapdragon 895, dan, lebih jauh lagi, ia akan memiliki varian Plus sendiri (895+) untuk akhir tahun ini.

Untuk Snapdragon 888+, dinilai untuk beberapa tingkat peningkatan masih memiliki kekurangan dibandingkan vanilla 888 terutama dalam hal kinerja single-core dan AI, keduanya masih didasarkan pada arsitektur 5nm yang sama.

Sebaliknya, “895” dan “895+”, sekarang dijadwalkan untuk mengadopsi proses 4nm baru dan mutakhir, yang berpotensi mewakili peningkatan signifikan di berbagai bidang fungsi SoC premium.

Qualcomm mungkin diharapkan untuk mengolah produksi generasi seperti itu ke satu pemasok namun, menurut Ice Universe, ia telah membagi urutan keseluruhan ini menjadi dua, dengan masing-masing pergi ke produsen terkemuka.

Samsung, sebuah perusahaan yang sebelumnya dikabarkan telah memenangkan hak untuk membuat “SM8450”, diduga telah diberikan kontrak 895, sedangkan TSMC dilaporkan telah mengamankan seluruh pesanan 895+. Jika demikian, ini mungkin menyiratkan variasi potensial yang menarik dalam struktur dan fungsi antara 895 dan rekan Plus-nya.

Sangat menarik untuk melihat bahwa Qualcomm pindah ke ukuran node yang lebih kecil hanya setahun setelah pindah dari 7nm ke 5nm. Namun, itu tidak berarti itu tidak akan lagi membuat chip 5nm. Kita masih harus melihat chip Snapdragon 800 dan Snapdragon 700 seri 5nm baru.

Menurut laporan bahwa Snapdragon 895 memiliki nomor bagian “SM8450”. Ini akan memiliki CPU Kryo 760, GPU Adreno 730, Spectra 680 ISP, dan modem Snapdragon X65 5G terintegrasi.

Artikel Terbaru