Telco

Menyiasati Hemat Kuota Saat PJJ Ala Tri

Jakarta, Selular.ID – Seperti diketahui saat ini murid-murid Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), juga Sekolah Menengah Umum (SMU), masih dihadapkan pada situasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Banyak orang tua mengeluh kuota internet cepat habis karena tingginya kebutuhan digital siswa selama di rumah saja. Selain untuk kebutuhan pendidikan, generasi muda ini pun secara aktif mengakses hiburan selama di rumah saja, seperti bermain game, menonton streaming video, dan mengakses media sosial.

Membaca situasi dan kondisi yang masih sama, Tri Indonesia menjawab tantangan ini dengan menghadirkan solusi melalui Perdana Happy Unlimited 52 GB.

Dolly Susanto, Chief Commercial Officer 3 Indonesia menjelaskan, Tri Indonesia memahami kekhawatiran orang tua dan siswa dalam pembelajaran daring, khususnya dalam memastikan paket data mencukupi untuk mendukung kegiatan belajar saat di rumah.

Melalui kartu Perdana Happy Unlimited 52 GB, pelanggan tidak hanya diberikan keleluasaan dalam memanfaatkan jaringan Tri Indonesia, namun juga berkesempatan untuk memeroleh tambahan total ekstra kuota hingga 260 GB.

“Dengan begitu, orang tua dan siswa semakin dimudahkan dalam memenuhi kebutuhan kegiatan digital, baik untuk kegiatan belajar daring maupun untuk mengakses konten hiburan.”ujar Dolly.

Baca juga :  Pengabungan Icon+ PLN dan Telkom, Mastel: Perkuat BUMN Telekomunikasi di Mata OTT

Dikatakan Dolly, perdana Happy Unlimited 52 GB hadir dengan harga mulai dari Rp60.000 dengan kuota utama 22 GB dan kuota streaming 30 GB yang bisa digunakan untuk akses ke aplikasi Youtube, VIU, dan Netflix.

Selain itu, tambahan total ekstra kuota hingga 260 GB yang didapatkan setiap pelanggan melakukan isi ulang pulsa juga bisa digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi apa pun dan kapan pun selama 24 jam.

“Pelanggan cukup melakukan isi ulang pulsa mulai dari Rp5.000 dan bisa mendapatkan total kuota hingga 10 GB setiap minggunya. Untuk pembelian Perdana Happy, pelanggan bisa dengan mudah mengakses situs resmi perdana.tri.co.id, toko online, maupun mengunjungi retailer terdekat,”terang Dolly.

Tri Indonesia juga telah melakukan pengujian terhadap beberapa aplikasi video conference yang dapat membantu siswa untuk lebih efektif dalam penggunaan kuota internet. Hasilnya, Zoom dinilai sebagai aplikasi video conference dengan konsumsi data paling hemat saat melakukan telekonferensi.

Untuk lebih hemat dalam hal konsumsi data, orang tua dan siswa juga disarankan untuk menonaktifkan semua pembaruan otomatis dari Google Play Store (untuk perangkat Android), App Store (untuk perangkat iOS), dan semua aplikasi lainnya.

Baca juga :  Merger Indosat-Tri Indonesia, Mastel: Sehatkan Industri dan Infrastruktur Digital

“Nantinya, semua bisa diaktifkan kembali saat mendapatkan akses WiFi. Siswa juga bisa mematikan data seluler setelah selesai mengikuti kelas online atau saat smartphone tidak digunakan. Jika ingin meng-update media sosial pun bisa menggunakan aplikasi versi lite, serta yang terpenting yaitu mengaktifkan mode penghemat data pada smartphone,”kata Dolly lagi.

Baca Juga:Memaksimalkan Perangkat Untuk PJJ

Selain itu, orang tua dan siswa juga perlu mengetahui aplikasi mana saja yang banyak mengonsumsi banyak kuota dengan membuka ‘Pengaturan’ dan memilih ‘Penggunaan Data’ pada smartphone mereka.

Untuk lebih memaksimalkan penggunaan kuota internet selama sekolah daring, kita juga perlu tahu berapa kuota internet yang dibutuhkan untuk mengakses aplikasi yang sering digunakan sehari-hari:

Berikut kuota yang dibutuhkan untuk mengakses aplikasi sehari-hari
• Zoom group call – 810 MB per jam
• Mengakses website – 60 MB per jam
• Menonton YouTube – 429 MB per jam
• Bermain game online – 43 MB per jam
• Streaming Netflix – 644 MB per jam
• Akses TikTok – 840 MB per jam
• Akses Instagram – 720 MB per jam

About the author

Yuni Riadi