spot_img
BerandaSmartphonePerbandingan Upload Download di Jaringan 5G dan 4G

Perbandingan Upload Download di Jaringan 5G dan 4G

-

Jakarta, Selular.ID – Seperti sudah diketahui salah satu operator di Indonesia telah meluncurkan jaringan generasi ke 5 atau 5G beberapa waktu lalu.

Dan teknologi ini menjadi hal yang sangat dinantikan, serta hal baru dalam mendukung aktivitas komunikasi pengguna smartphone sehari-hari. Oppo sebagai brand yang telah merilis smartphone 5G mencoba memberikan gambaran seperti apa manfaat serta kecepatan jaringan 5G bagi pengguna smartphone.

Untuk mencoba teknologi 5G, redaksi menggunakan perangkat Oppo Reno5 5G. Pengujian di salah satu wilayah yang sudah tercover jaringa 5G, yakni di Museum Satria Mandala, Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Selular membagi tiga skenario atau pengujian, ketiga pengujian dilakukan dengan menyandingkan kecepatan 5G dengan 4G. Untuk 4G, redaksi menggunakan Oppo A74.

Pengujian yang dilakukan tentunya berhubungan dengan aktivitas keseharian. Misalnya mengupload video. Kali ini pengujian dilakukan dengan upload dan download file sebesar 337MB ke Google Drive.

Waktu Upload dan Download File

Waktu yang dibutuhkan mengunggah file dengan jaringan 5G adalah 3 menit 40 detik, sementara di jaringan 4G untuk menggungah file Oppo Marvel sebesar 337MB waktu yang dibutuhkan 4 menit, 48 detik

Kemudian skenario ke dua adalah dengan medownload file yang sama, waktu yang dibutuhkan untuk download file di jaringan 5G adalah 57 detik, sedangkan di jaringan 4G waktu yang dibutuhkan adalah 1 menit 47 detik.

Download Game di Play store

Dalam unduhan ini, latensi rendah dan jaringan dengan kecepatan terjaga memberikan unduhan lebih baik.

Baca Juga:Menkominfo: Jaringan 4G dan 5G Harus Berkembang Dengan Kuat

Kali ini, redaksi melakukan download game Call of Duty mobile sebesar 2,7GB.
Di jaringan 5G, waktu yang diperlukan untuk download game hardcore ini adalah 2 menit 26 detik, sedangkan di 4G, waktu yang diperlukan 12 menit, 50 detik.

Menikmati video streaming

Buka Youtube dengan resolusi tinggi 4K/2160p kemudian mainkan file dengan menggeser slider, tidak ada buffering. Bandingkan saat membuka dan memainkan video Youtube di jaringan 4G, memang minim buffering, namun bukan berarti tidak ada buffering, ada beberapa buffering saat menikmati video 4K.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru