spot_img
BerandaAppsGoogle Lens Tersedia di Kamera iPhone

Google Lens Tersedia di Kamera iPhone

-

Jakarta, Selular.ID – Google Lens perlahan-lahan menjadi salah satu aplikasi augmented reality yang paling berguna, pasalnya Apple telah menghadirkan Google Lens sendiri ke iOS 15.

Di WWDC 2021 , Apple mengumumkan bahwa ‘Live Text’ dan ‘Visual Look Up’ akan hadir di aplikasi kamera dan Foto iPhone sebagai bagian dari iOS 15.

Tech Radar menyebutkan Live Text’ ini merupakan cara praktis untuk mengubah tulisan tangan atau tulisan yang dicetak ke dalam bentuk digital. Apple mengatakan fitur ini akan diproses langsung dalam perangkat, bukan melalui pendekatan berbasis cloud.

Apple kemudian memperlihatkan sebuah catatan di papan tulis kantor. Kemudian, pengguna hanya tinggal mengetuk ikon baru di sudut kanan bawah aplikasi kamera.

Setelahnya, pengguna cukup mengarahkan jari mereka di atas teks untuk memindahkan tulisan tangan tersebut menjadi bentuk digital ke email ataupun aplikasi Notes.

Seperti diketahui, ‘Live Text’ Apple jauh lebih ketimbang daripada Google Lens, mengingat yang terakhir telah keluar sejak 2017. Saat ini, Apple mengatakan hanya menghadirkan tujuh bahasa (Inggris, Cina, Prancis, Italia, Jerman, Spanyol, Portugis), berbeda dengan kemampuan Google Lens untuk menerjemahkan kata ke lebih dari 100 bahasa.

Selain Live Text, Apple juga menambahkan fitur Google Lens lain bernama ‘Visual Look Up’. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat mencari informasi yang berkaitan, seperti jenis anjing ataupun nama bunga dari foto yang diambil.

Menurut Apple, fitur ini bisa mendeteksi informasi seperti buku, seni, alam, hewan peliharaan, dan landmark. Tentu fitur ini masih kalah dibandingkan dengan yang ada di Google Lens, mengingat aplikasi tersebut sudah mengumpulkan banyak data.

Visual Look Up diyakini akan berfungsi di iPhone, iPad, dan Mac, asalkan diperbarui ke versi software terbaru. Diharapkan iOS 15 akan hadir pada September mendatang, bersamaan dengan iPhone 13

Sebelumnya Google mengumumkan bahwa fitur terjemahan di Google Lens sekarang tersedia offline untuk pengguna Android. 9to5Google melihat tambahan Lens yang memungkinkan pengguna mengunduh berbagai bahasa untuk terjemahan offline.

Bagi yang belum familiar, fitur terjemahan ini bisa digunakan dengan cara mengarahkan ponsel ke teks dan otomatis diterjemahkan di layar perangkat Anda.

Untuk mengakses fitur ini, cukup buka Google Lens lalu pilih opsi ‘Terjemahkan’ dari carousel bawah. Ketuk opsi Deteksi Otomatis di sebelah kiri untuk menavigasi ke daftar bahasa yang bisa Anda unduh dengan mengetuk ikon di sebelah masing-masing.

Kemudian akan muncul notifikasi yang memberi tahu Anda seberapa besar ikuean file paket bahasa (sekitar 45MB) dan selesai.

Baca Juga:Google Lens Sekarang Bisa Menerjemahkan Offline

Terjemahan offline di Lens berfungsi seperti fitur normal yang mengandalkan koneksi internet. Nyalakan saja Lens dan arahkan kamera ke teks yang ingin Anda terjemahkan.

Kemampuan terjemahan offline bisa sangat bermanfaat saat Anda bepergian ke luar negeri dengan paket data terbatas, tetapi pada saat pandemi, tidak ada yang bepergian ke mana pun.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru