spot_img
BerandaBuyer's GuideUpdate Keamanan Android: Sepenting itu!

Update Keamanan Android: Sepenting itu!

-

Nokia menjadi brand nomor 1 untuk masalah update patch keamanan di produk smartphone mereka. Nokia selalu menjaga keamanan dan kenyamanan menggunakan produk smartphone mereka, seperti pada Nokia 5.4 Nokia 5.3, Nokia 4.2, dan Nokia C3

Jakarta, Selular.ID – Memiliki smartphone dengan jaminan keamanan yang ter-update secara berkala sehingga pengguna merasa nyaman dan aman, menjadi dambaan setiap orang untuk era modern saat ini. Mereka tidak perlu memikirkan bahaya yang mengincar keamanan konten atau sistem dalam smartphone-nya; termasuk juga jaminan kemanan pada privasi data yang ada di dalamnya. Dengan adanya update berkala menjadikan ponsel Anda tak ketinggalan jaman, artinya umur ponsel lebih panjang, sehingga tak perlu terburu-buru ganti ponsel 3 tahun ke depan. Oleh sebab itu, jaminan keamanan sistem operasi dalam bentuk security patch yang update dalam ponsel, menjadi hal yang begitu penting.

Hal inilah yang dilakukan HMD Global sebagai pemegang lisensi Nokia, untuk produk-produk smartphone-nya. Dengan menyertakan security patch berkala dari Google, ponsel Nokia menawarkan proteksi menyeluruh kepada penggunanya, seperti ketika sedang melakukan browsing, mengunduh atau berbagi data; bahkan ketika tidak sedang mengakses ponsel. Sistem akan mengeluarkan peringatan dan menyarankan tips ketika aplikasi atau link yang diakses nampak berbahaya. Pengguna ponsel Nokia pun tak perlu khawatir dengan kemanan privasi datanya karena disimpan pada server khusus di Finlandia – dimana HMD Global berada. Seperti kebanyakan perusahaan di Uni Eropa yang sangat menghormati proteksi dan privasi data, data pengguna tersebut berada di bawah peraturan General Data Protection Regulation (GDPR) yang mengatur perlindungan data pribadi.

Untuk urusan security patch, Nokia berada di urutan atas. Riset Counterpoint 2020 memberikan bukti bahwa frekuensi update keamanan Nokia ada di hitungan bulanan. Ini membuat konsumen yang memiliki produk smartphone Nokia menjadi lebih aman. Penilaian ini didasarkan pada 4 hal utama: software terbaru, pembaruan keamanan, kualitas rakitan, dan perangkat yang direkomendasikan untuk perusahaan. Dan ponsel Nokia yang menduduki posisi puncak untuk keempat hal tersebut.

Menariknya, Nokia melakukan update ini secara otomatis. Dengan demikian, pengguna Nokia tidak perlu melakukan pemeriksaan update patch secara manual. Adanya update bulanan ini juga membuat pengguna merasa lebih nyaman karena bisa terhindar dari berbagai bug pada aplikasi-aplikasi di dalamnya. Kesalahan pada berbagai aplikasi yang kadang tidak begitu kompatibel dengan sistem operasi, bisa diperbaiki dalam sebuah patch. Oleh sebab itu, update patch menjadi sebuah hal penting bagi kelangsungan hidup sebuah perangkat smartphone.

Selain update secara otomatis, pengguna Nokia juga bisa memeriksa security patch update smartphone-nya di halaman https://www.nokia.com/phones/en_int/security-updates .

Namun, agar smartphone tetap nyaman digunakan, selain rutin melakukan update keamanan, para pengguna ponsel Android juga perlu memastikan yang terbaik untuk keamanan ponsel Android-nya, seperti:

  • Tidak sembarang mengakses link atau tautan yang diterima dari email, WhatsApp, Facebook Messenger, atau SMS. Pastikan dulu sumbernya dan ke mana link tersebut membawa Anda.
  • Memperbarui aplikasi secara berkala
  • Menggunakan kata sandi (password) yang unik dan tidak menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun. Bila perlu gunakan aplikasi pengelola kata sandi.
  • Gunakan verifikasi 2 langkah (2-step verification) untuk melindungi akun Anda, sehingga akun tetap aman dari peretasan ketika nama dan kata sandi Anda dicuri.
  • Lakukan pengecekan keamanan (security checkup) Google untuk menganalisa status keamanan akun Google Anda.
  • Jika anda berencana membeli smartphone, jangan lupa tanyakan berapa lama pembaruan sistem keamanan yang ditawarkan

Pengguna smartphone Nokia akan menerima informasi dari Google tentang security patch terbaru, mulai dari tipe yang paling baru Nokia 5.4, juga Nokia 5.3, Nokia 4.2, dan Nokia C3. Ada beberapa faktor yang membuat kehadiran update berbeda pada ponsel Nokia Anda, seperti model ponsel, negara, lokasi, persetujuan operator, dan tentunya informasi dari Google.

Jangan memperlakukan update keamanan seperti halnya melakukan back-up (cadangan). Pengguna ponsel baru terpikir melakukannya ketika mereka kehilangan data, kehilangan uang atau terkena penipuan akibat ulah peretas. Bila dapat mencegah hal-hal buruk itu terjadi, mengapa masih menunda update keamanan pada ponsel Android Anda? Ketika muncul notifikasi untuk update dan instal di ponsel, segera saja lakukan… semudah itu!

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru