spot_img
BerandaNewsTim Cook Jabarkan Mengapa Apple Ketat Kendalikan App Store

Tim Cook Jabarkan Mengapa Apple Ketat Kendalikan App Store

-

Jakarta, Selular.ID – Menurut Bloomberg, CEO Apple Tim Cook mengambil sikap untuk mempertahankan potongan 30% dari pembayaran dalam aplikasi yang diterima Apple. Raksasa teknologi itu juga memaksa pengembang yang ingin aplikasinya terdaftar di App Store untuk hanya menggunakan platform pembayaran dalam aplikasi Apple untuk memproses pembelian semacam itu.

Ketika Epic Games berusaha menghindari pembayaran potongan 30% Apple untuk pembelian dalam aplikasi mata uang game Fortnite dengan menawarkan platform pembayarannya sendiri, itu melanggar aturan App Store dan menyebabkan penghapusan game dari App Store.

Cook menyebut App Store sebagai “keajaiban ekonomi” dan juga mengatakan dokumen yang mengungkapkan margin keuntungan 78% untuk App Store tidak termasuk beberapa biaya dan hanya menunjukkan tren, bukan angka keuangan yang sebenarnya. Eksekutif itu mengatakan di bawah sumpah, Apple harus mengambil kendali ketat atas App Store karena kemungkinan ancaman terhadap keamanan dan privasi iPhone.

Di mimbar, CEO berkata, “Anda memiliki ponsel di saku Anda hampir sepanjang waktu dan Anda menginginkan layanan instan. Kami merasa kasus penggunaan data pribadi dan ancaman pada akhirnya akan jauh lebih besar karena jumlah iPhone di pasar.”

Sementara Apple telah dikritik karena apa yang disebut Pajak Apple 30% oleh streamer musik Spotify dan streamer video Netflix.

Menanggapi pertanyaan oleh tim hukum Epic, Cook mengatakan aturan App Store untuk pengembang dirancang untuk menjaga kerahasiaan data pribadi pelanggan mereka sambil mencegah pelanggan ini secara tidak sadar menginstal malware. CEO Apple menambahkan biaya pengembang diperlukan untuk mendukung App Store.

Tidak peduli apa yang diputuskan oleh Hakim Yvonne Gonzalez Rogers, persidangan merilis informasi penting baru yang akan diperiksa oleh anggota parlemen AS yang sedang mempertimbangkan untuk membuat undang-undang antimonopoli baru yang pada akhirnya akan melindungi konsumen.

Epic menyebut App Store telah melakukan monopoli karena pemilik hampir 1 miliar unit iPhone aktif di seluruh dunia itu memaksa penggunaan aplikasi yang telah disetujui oleh Apple saja.

Sementara Google juga mengambil sebanyak 30% potongan pembelian dalam aplikasi yang dilakukan melalui Google Play Store, tetapi perusahaan memungkinkan pengguna Android untuk melakukan sideload aplikasi dari toko aplikasi pihak ketiga. Meskipun iOS tidak mengizinkan ini, kita harus menunggu untuk mendengar apakah penjelasan Cook untuk taman bermain berjeruji Apple sudah cukup memuaskan juri.

Sidang diperkirakan akan berlanjut ke argumen penutup pada hari Senin dan mungkin akan membutuhkan waktu bagi hakim untuk membuat keputusannya.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru