spot_img
BerandaNewsE-CommerceKategori Gadget Blibli Tumbuh 2X Lipat Selama Ramadan

Kategori Gadget Blibli Tumbuh 2X Lipat Selama Ramadan

-

Jakarta, Selular.ID – Pandemi yang masih berlangsung mendorong masyarakat semakin memaksimalkan e-commerce untuk membeli berbagai kebutuhan. Hal ini juga terjadi di Blibli, dimana terjadi peningkatan order untuk sejumlah kategori, seperti produk groceries, teknologi, kesehatan dan kecantikan, fashion muslim, hingga investasi emas dan logam mulia.

Pemanfaatan platform digital untuk memenuhi kebutuhan di berbagai momen penting seperti Ramadan mulai terjadi secara menyeluruh. Hal ini tergambar dari beberapa wilayah yang mengalami pertumbuhan order paling tinggi, menjangkau Sabang hingga Merauke Indonesia.

“Ramadan selalu menjadi momen tepat untuk mendorong performa penjualan bagi pemain retail seperti Blibli, khususnya di saat digitalisasi terjadi secara menyeluruh hingga daerah luar Ibukota. Blibli sebagai platform belanja digital melihat bahwa e-commerce telah menjadi partner bagi pelanggan untuk menjalani momen-momen penting mereka seperti puasa dan Lebaran. Oleh karena itu, variasi produk yang dibeli di momen Ramadan kali ini lebih luas, mulai dari kebutuhan keseharian hingga produk yang bisa meningkatkan kualitas hidup,” ungkap Cindy Kalensang, VP Business Development, Blibli.

Adaptasi kebiasaan baru yang dijalani masyarakat saat ini semakin terlihat dari kategori di Blibli yang mengalami pertumbuhan order. Ini terbukti dengan Blibli mencatat order produk kategori Fashion Muslim meningkat hingga 5 kali lipat dibanding hari biasa.

Menariknya, kesadaran keuangan masyarakat ikut terlihat, di mana Blibli mencatat permintaan produk investasi di kategori Logam Mulia & Perhiasan Emas meningkat hingga 2 kali lipat dibanding hari biasa.

Kategori Kesehatan dan Kecantikan serta kategori BlibliMart yang berisi kebutuhan groceries ikut tumbuh 2 kali lipat dibanding harian. Produk berupa sirup, madu, minuman bersoda, serta biskuit dan snack sebagai santapan tepat saat berbuka puasa juga mengalami pertumbuhan permintaan yang kuat.

Selain kebutuhan keseharian, banyak pelanggan yang memanfaatkan momentum Ramadan ini untuk membeli barang penunjang olahraga dari kategori Handphone, Tablet & Wearable Gadget, sehingga kategori ini meningkat hingga 2 kali lipat dibanding hari biasa. Produk seperti smartwatch dan aksesoris wearable banyak dipesan oleh pelanggan untuk menemani mereka bersepeda ringan atau jogging saat ngabuburit. Produk-produk smart home seperti robot vacuum dan air purifier juga menjadi alternatif yang tepat untuk menjadikan rumah nyaman ketika puasa, meski ditinggal asisten rumah tangga (ART).

“Performa produk dari berbagai kategori di Blibli ini menunjukkan bahwa pemanfaatan platform digital semakin menjadi hal yang inklusif bagi masyarakat,” tutup Cindy Kalensang.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru