spot_img
BerandaNewsIni Dia Langkah Penting Untuk Melindungi Data Pribadi

Ini Dia Langkah Penting Untuk Melindungi Data Pribadi

-

Jakarta, Selular.ID – Pembobolan data dan kebocoran data menjadi hal yang semakin lumrah akhir-akhir ini, termasuk di Indonesia mulai dari e-commerce, lembaga pendidikan, bahkan hingga sektor pemerintahan.

Yeo Siang Tiong General Manager Kaspesky untuk Asia Tenggara mengungkapkan semboyan, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati merupakan langkah tepat.

Dan meskipun tidak ada yang kebal terhadap pelanggaran data setidaknya kebiasaan keamanan siber yang baik akan membuat Anda bertahan dari pelanggaran data, kemudian dapat meredam kerugian yang jauh lebih berat.

Baca juga: 279 Juta Data Penduduk Bocor, Bersumber dari BPJS Kesehatan?

Terlebih tidak hanya diri sendiri, pelanggaran data dapat berdampak buruk pada reputasi organisasi juga lho. Ini berlaku untuk semua sektor. Berikut adalah beberapa praktik terbaik untuk meredam pencurian data pribadi.

Gelar pelatihan

Cara yang cukup ampuh khusus bagi sebuah perusahaan yaitu gelar pelatihan dan aktivitas yang akan mendidik karyawan tentang dasar-dasar keamanan siber, misalnya, untuk tidak membuka atau menyimpan file dari email atau situs web yang tidak dikenal karena dapat membahayakan perusahaan.

Pemahaman tentang data penting

tips keamanan freelancer

Lalu hal yang juga cukup wajib ialah untuk selalu ingatkan staf secara teratur tentang cara menangani data sensitif, misalnya, untuk menyimpan hanya di layanan cloud tepercaya dengan autentikasi diaktifkan, jangan membagikannya dengan pihak ketiga yang tidak tepercaya.

Baca juga: Peringkat Aplikasi Chat Berdasarkan Keamanan Privasi

Selalu jaga aktifitas  diranah digital

Kemudian terapkan penggunaan perangkat lunak yang sah, diunduh dari sumber resmi. Dan selalu memiliki cadangan data penting dan perbarui peralatan dan aplikasi TI secara teratur untuk menghindari kerentanan yang belum ditambal yang dapat menjadi celah masuknya serangan.

Manfaatkan solusi keamanan

Gunakan produk khusus yang memudahkan pekerjaan melakukan tugas utama juga tak kalah penting, tetapi solusi tersebut tetap dapat melindungi kita/pekerja dari malware, ransomware, pengambilalihan akun, penipuan online, dan penipuan lainya.

Tenang hadapi serangan

Beberapa langkah lain yang dapat diambil secara proaktif untuk mengurangi dampak pelanggaran data juga bergantung pada jenis pelanggaran yang dialami.

Yang pasti pertama cari tahu dengan tepat data apa yang mungkin telah dicuri. Ini akan memberi Anda gambaran tentang parahnya situasi. Misalnya, jika data pribadi seperti NRIC, nama, atau alamat Anda bocor, Anda harus bertindak cepat untuk memastikan identitas Anda tidak dicuri.

Baca juga: Penjahat Siber Gencar Eksploitasi Isu Vaksin Covid-19 di Q1 2021    

Jika pelanggaran melibatkan informasi keuangan Anda, beri tahu bank dan lembaga keuangan mana pun yang Anda miliki akunnya, dan ubah kata sandi di semua akun, termasuk pertanyaan keamanan dan kode PIN. Pertimbangkan juga untuk pembekuan kredit.

Setelah itu ada baiknya Anda untuk mencari tanda-tanda aktivitas baru. Jika Anda melihat transaksi yang tidak Anda kenali, maka segera atasi kembali.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru