spot_img
BerandaNewsSecurityPeringkat Aplikasi Chat Berdasarkan Keamanan Privasi

Peringkat Aplikasi Chat Berdasarkan Keamanan Privasi

-

Jakarta, Selular.ID – Kebijakan privasi adalah keharusan untuk dimiliki oleh pengguna teknologi saat ini untuk mengakses aplikasi di smartphone mereka masing-masing tanpa adanya ketakutan kebocoran data dari aplikasi yang digunakan.

Apple dengan iOS 14.5 dan iPadOS 14.5, secara khusus menambahkan kebijakan transparansi pelacakan baru untuk diikuti oleh pengembang dan penerbit aplikasi, dalam upaya membantu rata-rata pengguna memahami seberapa banyak data pribadi yang dikumpulkan oleh aplikasi favorit mereka dari mereka.

Selain itu, pengembang sekarang diharuskan untuk terlebih dahulu meminta izin kepada pengguna untuk menayangkan iklan bertarget kepada mereka, yang dapat ditolak oleh pengguna.

Hal ini secara mengejutkan tidak diterima dengan baik oleh orang-orang pengguna seperti Facebook, pengumpul data pengguna yang terkenal kejam. Jaringan media sosial Zuckerberg dengan cepat meluncurkan kampanye iklan melawan Apple, mengklaim bahwa efek tindakan Apple akan merugikan bisnis kecil, karena mereka tidak lagi dapat menampilkan iklan yang dipersonalisasi untuk semua pengguna iPhone dan iPad di Facebook.

Selain itu, baru-baru ini Facebook bahkan mencoba menggunakan taktik menakut-nakuti untuk membuat pengguna iOS ikut serta dalam pelacakan, menunjukkan bahwa jika tidak, Facebook dan Instagram mungkin harus mulai menagih uang.

Berapa banyak data anda yang dikumpulkan oleh aplikasi mengirim pesan teratas

Jika anda adalah orang yang sadar privasi, anda mungkin tertarik untuk mengetahui seberapa banyak data pribadi yang dikumpulkan aplikasi mengirim pesan paling populer di dunia dari anda dan keluarga anda, dan tautannya ke identitas anda.

Jadi mari kita lihat aplikasi mengirim pesan teratas di App Store dan lihat mana yang menghormati privasi anda dan sejauh mana, dimulai dengan aplikasi yang mengumpulkan paling sedikit data pribadi anda. Yang akan kami gunakan untuk menentukan privasi aplikasi ini adalah bagian privasi aplikasi baru dari Apple di App Store.

Aplikasi mengirim pesan populer yang diurutkan berdasarkan privasi :

  1. Signal
  2. Skype
  3. Zoom
  4. Discord
  5. Telegram
  6. WhatsApp
  7. Facebook Messenger
  8. TikTok

Signal

Didukung oleh orang-orang seperti CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk, Signal adalah aplikasi yang digunakan jika Anda ingin keluar dari dunia iklan bertarget.

Sekeras mungkin terdengar meyakinkan keluarga dan teman anda untuk beralih ke Signal, hampir tidak ada kerugian terkait fungsionalitas untuk menggunakannya. Seperti Facebook Messenger, ini mendukung mengirim pesan teks, berbagi foto, tautan, pesan audio yang direkam dan panggilan video.

Untuk aplikasi yang sepenuhnya didanai oleh donasi dan hibah, bukan mengumpulkan dan menjual data pribadi anda, ini semua sangat mengesankan. Signal hanya ingin nomor telepon anda berfungsi dan bahkan tidak menautkannya ke identitas anda.

Skype

Skype telah ada selama beberapa waktu lalu dan karenanya memiliki sejarah yang panjang dan menarik. Sepuluh tahun yang lalu telah dibeli oleh Microsoft, yang masih memilikinya. Dan seperti yang mungkin disadari oleh pengguna Windows 10, Microsoft tidak terlalu tertarik untuk memberikan opsi yang mudah kepada pengguna, baik yang berkaitan dengan pembaruan atau memilih untuk tidak membagikan data apa pun dengan raksasa itu.

Anehnya, dibandingkan dengan sebagian besar aplikasi mengirim pesan, Skype tampaknya cukup bagus, menggunakan sejumlah kecil data yang ditautkan ke anda, tidak ada yang luar biasa. Tidak ada lokasi tepat atau semacamnya.

Zoom

Zoom adalah sebuah aplikasi konferensi video, tetapi karena ini adalah aplikasi yang sangat populer saat ini dan juga mendukung mengirim pesan, maka Zoom termasuk kedalam aplikasi terpopuler. Dibandingkan dengan orang-orang seperti Facebook Messenger, Zoom tampaknya cukup menghormati data pribadi anda, tampaknya hanya mengumpulkan apa yang diperlukan agar berfungsi.

Hal-hal yang dikumpulkannya tentang anda dan tautan ke identitas anda yang mungkin tidak anda ketahui termasuk lokasi persis anda, ID perangkat, dan nomor telepon.

Discord

Discord adalah aplikasi obrolan yang sering digunakan saat bermain game untuk menghubungan orang yang telah di invite melalui id mereka, yang memungkinkan pengguna membuat dan mengembangkan komunitas mereka sendiri, jadi selain perpesanan pribadi satu-ke-satu, ia menawarkan percakapan grup, obrolan suara, dan bahkan panggilan video.

Itu tidak mengumpulkan seluruh tumpukan data pribadi, tetapi apa yang tampaknya masuk akal agar aplikasi berfungsi dengan baik. Ini terutama mengumpulkan dan menautkan ke hal-hal identitas anda seperti alamat email, riwayat pencarian, ID perangkat, dan riwayat pembelian.

Telegram

Telegram adalah salah satu aplikasi Jejaring Sosial teratas saat ini dan menawarkan pengalaman mengirim pesan yang mirip dengan Skype atau Facebook Messenger.

Data yang dikumpulkannya dari anda dan tautan ke anda mencakup sebagian besar informasi keuangan dan lokasi yang tepat, tetapi secara keseluruhan aplikasi tampaknya cukup masuk akal dalam pengumpulan datanya.

WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang sepertinya tidak mengumpulkan lebih dari yang dibutuhkannya. Apa yang diperlukan dari anda dan tautan ke identitas anda termasuk lokasi, kontak, dan info keuangan anda. Ini bukan Signal, tapi jauh lebih baik dari Facebook Messenger.

Facebook Messenger

Kemungkinan tidak ada yang akan terkejut bahwa Facebook Messenger mengumpulkan sejumlah data yang menggelikan yang juga ditautkan ke identitas anda. Ini termasuk hal-hal seperti lokasi persis anda, nomor telepon, alamat fisik, ID perangkat, riwayat pembelian, info pembayaran, info keuangan, dan banyak lagi.

Apakah anda keren atau tidak dengan memberikan semua informasi itu pihak pengembang, untuk kemudian digunakan oleh pengiklan, itu terserah anda dan mungkin tidak mengganggu anda. Tetapi jika anda tidak nyaman berbagi semua data pribadi anda dengan perusahaan besar, ada banyak aplikasi mengirim pesan lain di luar sana.

TikTok saat ini adalah salah satu aplikasi media sosial terbesar, populer di kalangan remaja dan dimiliki oleh raksasa teknologi internet Cina, ByteDance. Meskipun ini sebagian besar merupakan aplikasi berbagi video, ia juga memiliki perpesanan.

TikTok

Mungkin yang tidak mengejutkan adalah fakta bahwa TikTok mengumpulkan cukup banyak data pribadi, mirip dengan Facebook. Ini menggunakan info kontak anda ID perangkat, email, nomor telepon untuk melacak anda, serta lokasi anda, riwayat penelusuran, data iklan tentang anda, info keuangan, alamat fisik, dan banyak lagi lainnya.

Terkait hal tersebut, baru-baru ini induk perusahaan TikTok menyelesaikan gugatan atas pengumpulan data pribadi anak di bawah umur. Diarsipkan atas nama pengguna TikTok remaja dan yang lebih muda, salah satunya semuda 8 tahun, gugatan tersebut menuduh bahwa TikTok menyusup ke perangkat penggunanya dan mengekstrak beragam data pribadi termasuk data biometrik dan konten yang digunakan terdakwa untuk melacak dan profil pengguna TikTok untuk tujuan, antara lain, penargetan iklan dan keuntungan.

Dalam pernyataan berikut, TikTok mengatakan, Meskipun tidak setuju dengan pernyataan tersebut, daripada melalui proses pengadilan yang panjang, kami ingin memfokuskan upaya kami untuk membangun pengalaman yang aman dan menyenangkan bagi komunitas TikTok.

iMessage

Pesan tidak termasuk dalam daftar ini karena ini bukan aplikasi yang dapat diunduh seperti yang lain dan hanya terbatas pada perangkat Apple, tetapi jika anda penasaran, inilah yang dikumpulkannya Menurut Forbes, iMessage hanya mengumpulkan dan menautkan ke identitas anda.

Info kontak seperti email dan nomor telepon, riwayat pencarian dan ID perangkat. Jika kita memberikan prinkat, itu akan menjadi yang kedua setelah Signal.

Apa pendapat anda tentang pengumpulan data aplikasi

Pengumpulan data pengguna yang digunakan untuk iklan adalah hal yang membuat sebagian besar internet tetap gratis, jadi ini bisa dibilang bukan praktik yang tidak masuk akal.

Bagaimanapun, ini tidak dapat menyangkal bahwa Apple memberi pengguna gambaran yang jelas tentang berapa banyak data yang dikumpulkan setiap aplikasi bukanlah langkah yang bagus menuju transparansi.

Apa pendapat anda tentang ini, apakah anda setuju dengan pengumpulan data jika itu berarti aplikasi seperti Facebook tetap gratis.

Apakah anda ingin memiliki kontrol lebih atas data anda yang dibagikan dengan pengiklan, dan apakah anda berencana untuk beralih ke aplikasi mengirim pesan yang berbeda, makan gunakan aplikasi mengirim pesan dengan percakapan yang menurut anda menjaga data anda dan tidak memberikan data anda ke pihak pengiklan.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru