spot_img
BerandaNewsE-CommerceGojek Tokopedia Resmi Merger, Bentuk GoTo    

Gojek Tokopedia Resmi Merger, Bentuk GoTo    

-

Jakarta, Selular.ID – Akhirnya Gojek dan Tokopedia hari ini Senin (17/5) resmi merger, dan keduanya bersepakat membuat GoTo, yaitu grup teknologi terbesar di Indonesia yang menyajikan ekosistem andal untuk berbagai solusi menjalani keseharian (ecosystem for daily life).

Pembentukan Grup GoTo ini merupakan kolaborasi usaha, sekaligus kolaborasi terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga saat ini.

Baca juga: Merger Gojek dan Tokopedia Tak Terelakan

GoTo dalam hal ini bakal menyatukan kekuatan dua perusahaan teknologi dengan menciptakan solusi yang unik dan saling melengkapi secara global, dengan mengombinasikan layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi serta keuangan.

Selain itu Grup GoTo juga akan menciptakan platform konsumen digital terbesar di Indonesia, melayani sebagian besar kebutuhan konsumsi rumah tangga.

Kedepan jaringan mitra usaha serta mitra driver di dalam Grup GoTo yang saling melengkapi akan menghadirkan pilihan barang dan jasa yang diklaim bakal tak tertandingi, didukung oleh layanan pembayaran digital dan keuangan yang akan semakin mempermudah kehidupan masyarakat sekaligus meningkatkan inklusi keuangan secara signifikan.

Dalam keputusan dari merger ini, Andre Soelistyo dari Gojek akan memimpin GoTo sebagai CEO Group, dengan Patrick Cao dari Tokopedia sebagai Presiden GoTo. Lalu Kevin Aluwi terungkap akan tetap menjadi CEO Gojek, demikian juga dengan William Tanuwijaya masih menduduki CEO Tokopedia.

Baca juga: Telkomsel Lanjut Suntik Dana ke Gojek

CEO GoTo Andre Soelistyo mengatakan pembentukan Grup GoTo menandai fase pertumbuhan selanjutnya bagi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial. Mitra driver Gojek akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia, sementara penjual dan mitra merchant dari berbagai skala bisnis akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya. “Hadirnya Grup GoTo juga akan memungkinkan kami untuk semakin mendorong inklusi keuangan di Indonesia dan Asia Tenggara,” kata Andre.

Sekedar informasi, Gojek dan Tokopedia didirikan lebih dari satu dekade yang lalu dan telah membuka manfaat ekonomi digital bagi jutaan masyarakat di Indonesia dan Asia Tenggara – termasuk konsumen, mitra driver, dan penjual (merchant) di semua skala bisnis. Kedua perusahaan ini pertama kali bekerja sama pada tahun 2015 untuk mempercepat layanan pengiriman e-commerce menggunakan jaringan mitra driver Gojek. Kedepannya, Gojek dan Tokopedia akan tetap beroperasi sebagai entitas yang berdiri sendiri, di dalam ekosistem Grup GoTo.

Grup GoTo sendiri memiliki daftar investor blue-chip termasuk Alibaba Group, Astra International, BlackRock, Capital Group, DST, Facebook, Google, JD.com, KKR, Northstar, Pacific Century Group, PayPal, Provident, Sequoia Capital, SoftBank Vision Fund 1, Telkomsel, Temasek, Tencent, Visa dan Warburg Pincus.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru