spot_img
BerandaTipsCara Mencegah Pengambilan Data Privasi di Smartphone Android

Cara Mencegah Pengambilan Data Privasi di Smartphone Android

-

Jakarta, Selular.ID – Permasalahan privasi menjadi perbincangan cukup heboh di dunia maya, Google sebagai perusahaan terbesar di industri teknologi yang memuat semua data dari semua orang yang menggunakan internet.

Sebagai pengguna Android, pada dasarnya Google tahu segala sesuatu tentang anda berdasarkan penggunaan perangkat anda. Itu dapat dengan mudah menakuti beberapa orang yang khawatir tentang privasi dan keamanan mereka. Anda memang memiliki pendapat dalam data pribadi apa yang dikontrol oleh Google, tetapi bagaimana jika anda menginginkan kontrol total tentang data pribadi anda.

Salah satu cara terbaik untuk mengambil kendali penuh atas perangkat anda adalah dengan menginstal ROM khusus. Sebuah aplikasi hadir tanpa adanya aplikasi inti Google (Gapps), tetapi anda biasanya akan menginstal paket Gapps terpisah untuk mendapatkannya kembali. Namun, jika anda menginginkan lebih banyak kebebasan dan privasi, anda cukup melewatkan paket Gapps dan menggunakan MicroG sebagai gantinya.

Perlu diketahui bahwa banyak aplikasi memerlukan Layanan Google Play untuk bekerja dengan benar, jika tidak, maka aplikasi tidak ada gunanya untuk diinstal. MicroG menyuntikkan versi modifikasi dari layanan Google inti yang dibutuhkan oleh sebagian besar aplikasi, tetapi tanpa semua pelacakan yang datang dengan memiliki akun Google. Ini meningkatkan tingkat privasi anda dan bahkan dapat meningkatkan masa baterai.

Bagaimana cara menginstal MicroG, ikuti langkah-langkah dibawah ini agar memudahkan anda untuk permasalahan privasi yang menjadi kekhawatiran anda saat ini.

1. Pastikan ROM Anda Mendukung Spoofing Tanda Tangan

Hampir semua ROM kustom mendukung pemalsuan tanda tangan secara default, yang digunakan untuk membuat sistem berpikir bahwa Layanan Google Play yang sebenarnya diinstal. Diperlukan dan perlu agar semua ini bekerja. Anda mungkin perlu memeriksa ulang di mana anda mendapatkan ROM khusus untuk melihat apakah itu mendukung pemalsuan tanda tangan di tempat pertama untuk MicroG.

2. Lewati Instalasi Gapps

Pada titik ini, anda seharusnya sudah memilih ROM khusus yang anda rencanakan untuk di flash ke perangkat anda, dan itu harus memiliki dukungan untuk pemalsuan tanda tangan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, anda biasanya akan menginstal paket Gapps setelah memflash ROM untuk mengembalikan layanan Google ke perangkat anda.

Namun, untuk menggunakan MicroG, anda harus memastikan bahwa anda tidak menginstal paket Gapps sama sekali saat mengikuti panduan ini. Jika anda menginstal Gapps secara tidak sengaja, lanjutkan dan flash ROM kustom lagi dan hapus data agar aman.

Setelah anda mengatasinya, boot ke sistem operasi, dan pastikan aplikasi dan layanan Google tidak ada, lalu anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Instal MicroG

Di masa lalu, agar seluruh paket MicroG berfungsi, anda akan diminta untuk mengunduh beberapa aplikasi terpisah. Namun, NanoDroid kini hadir untuk menyederhanakan berbagai hal dengan satu file ZIP yang dapat Anda flash langsung dalam pemulihan khusus, seperti TWRP. Ada juga modul Magisk yang lebih baru dan lebih nyaman yang sempurna untuk pengguna root di luar sana.

Untuk Pengguna TWRP

Untuk semua orang TWRP di luar sana yang suka membuat semuanya sesederhana mungkin, menginstal NanoDroid dengan MicroG langsung ke dalamnya tidak bisa lebih mudah. Untuk memulai, tekan tautan unduhan di bawah dan simpan file ke penyimpanan internal ponsel Android anda melalui folder “Unduh”.

Setelah selesai mengunduh file, lanjutkan dan boot ke mode pemulihan ke layar utama TWRP. Ketuk “Instal”, telusuri lokasi tempat menyimpan file NanoDroid, ketuk sekali, lalu geser penggeser untuk memulai penginstalan. Setelah menyelesaikan proses instalasi, anda dapat me-reboot perangkat anda, lalu dapat melanjutkan ke langkah berikutnya di bawah ini.

Untuk Pengguna Magisk

Untuk pengguna root, pengembang nift4 sebelumnya Hieu Van telah membuat modul Magisk khusus untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa sistem tanpa perlu bergantung pada TWRP. Untuk mengaktifkan MicroG dan menjalankan Magisk, ikuti instruksi cepat di bawah ini.

Buka aplikasi Magisk Manager ke layar utama, ketuk ikon menu di sebelah kiri, lalu lanjutkan ke bagian “Unduhan”. Ketuk ikon pencarian untuk melakukan pencarian dengan istilah “microg”, maka modul yang diperlukan akan langsung muncul di daftar sebagai satu-satunya entri. Ketuk panah unduh sekali, lalu “Pasang” untuk memulai.

Setelah proses penginstalan selesai, ketuk tombol reboot untuk memulai ulang sistem Anda. Sekarang Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya di bawah ini.

4. Berikan Izin yang Sesuai

Masuk ke laci aplikasi anda, cari aplikasi Micro G, lalu buka ke layar utama. Mungkin anda akan melihat pemberitahuan di bagian atas, memberi tahu untuk memberikan izin ke aplikasi. Luaskan notifikasi, ketuk “Minta Izin yang Hilang”, lalu izinkan izin seperti yang diminta. Jika tidak melakukan ini, aplikasi tidak akan memiliki akses ke layanan Google yang dimodifikasi, yang mengalahkan tujuan MicroG.

5. Lakukan Tes untuk Pemeriksaan

Buka aplikasi MicroG dan ketuk bagian “self check” di bagian atas layar. Jika ROM Anda mendukung pemalsuan tanda tangan yang disebutkan dari Langkah awal, kotak centang pertama harus dicentang. Ini akan mengatakan, “Sistem memiliki dukungan spoofing tanda tangan” jika semuanya terlihat bagus dari sini.

Perlu diperhatikan bahwa hampir semua hal lainnya memiliki kotak centang aktif, yang persis seperti yang ingin anda lihat. Jika anda mendapatkan pesan yang mengatakan, “ROM anda tidak memiliki dukungan asli untuk spoofing tanda tangan,” maka anda harus kembali ke langkah awal. Pada tahap ini, perlu melakukan sedikit lagi mencari dan menemukan kustom. ROM yang mendukung spoofing tanda tangan sebelum dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Tanpa adanya spoofing tanda tangan maka anda tidak mendapatkan ROM khusus yang mendukungnya. Lihat dokumentasi untuk ROM, tanyakan pada pengembang, atau bahkan tanyakan pada komunitas jika anda tidak bisa mengetahuinya.

Atau, anda dapat mem-flash ROM dan melakukan tes Self-Check untuk mengetahuinya dalam sekejap. Setelah custom ROM anda lolos tes, maka bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

6. Konfigurasi Layanan Lokasi

Jika ingin dapat menggunakan layanan lokasi, seperti GPS untuk peta atau cuaca, anda perlu mengaktifkan opsi dalam aplikasi MicroG. Karena anda tidak lagi mengandalkan Layanan Google Play resmi untuk mengambil data lokasi anda, MicroG menanganinya melalui pengaturan UnifiedNlp.

Dari layar utama aplikasi MicroG, ketuk “UnifiedNlp Settings,” lalu “Configure location backend,” dan pastikan Mozilla Location Service dicentang. Ketuk “Oke”, lalu ketuk “Konfigurasi backend pencarian alamat”, dan juga pastikan bahwa “Nominatim” juga dicentang.

Tampilkan pengaturan cepat dari bilah status dan pastikan pengaturan lokasi aktif sehingga dapat menggunakan layanan lokasi baru tanpa Google. Mulai saat ini, GPS seharusnya berfungsi seperti anda menggunakan Layanan Google Play yang sebenarnya. Sekarang anda dapat mulai membuat daftar aplikasi karena anda harus melewatkan paket Gapps default. Ini diperlukan untuk menjaga privasi tetap utuh.

Jangan lupa bahwa anda dapat menggunakan MicroG dengan ROM khusus apa pun yang mendukung pemalsuan tanda tangan. Ini pada akhirnya berarti Anda akan memiliki berbagai macam pilihan untuk dipilih pada waktu tertentu untuk perangkat anda.

Jika tidak memiliki ROM favorit atau tidak tahu mana yang paling sesuai dengan kebutuhan, jangan takut untuk bereksperimen sampai menemukan pilihan yang sesuai. Semoga berhasil, dan nikmati peningkatan privasi.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru