spot_img
BerandaNewsTelcoAntisipasi Indosat Ooredoo Hadapi Lonjakan Trafik Lebaran 2021

Antisipasi Indosat Ooredoo Hadapi Lonjakan Trafik Lebaran 2021

-

Jakarta, Selular.ID – Indosat telah memprediksi kenaikan trafik jelang Lebaran 2021. memprediksi akan terjadi kenaikan trafik komunikasi di H-1 dan Lebaran. Indosat memperediksi lonjakan trafik pada masa Lebaran dapat mencapai 13%-15% dibanding hari normal.

Sementara jika dibandingkan dengan realisasi trafik pada Lebaran tahun lalu, Indosat Ooredoo memprediksi trafik akan naik 25%-35% pada Idul Fitri tahun ini. Hal tersebut diungkapkan Agus Sulistio, SVP Head of Network Operation Indosat Ooredoo, menurutnya lonjakan trafik biasanya terjadi satu hari sebelum Lebaran, (H-1) dan pada hari Lebaran.

Untuk mengantisipasi hal itu, menurut Agus Indosat telah mengantisipasi. Sebagai langkah antisipasi, Indosat melakukan persiapan di 185 hotspot yang direpresentasikan oleh 1.500 site telekomunikasi yang tersebar di Indonesia. Menurut Agus, pihaknya sudah melakukan uji coba secara menyeluruh di jaringan tersebut untuk memastikan tidak ada hambatan komunikasi bagi pelanggan Indosat, khususnya saat momen Lebaran nanti.

“Kami melakukan drive test secara menyeluruh untuk memastikan dari sisi jaringan tidak ada hambatan,”tutur Agus.

Indosat Ooredoo juga akan memperkuat layanannya dengan Command Center sejak H-5 sampai dengan H+3 Lebaran. Seluruh site secara nasional akan dimonitor secara khusus melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC), dengan dukungan lebih dari 1.600 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu.Menurut dia, untuk kapasitas layanan data, Indosat Ooredoo memiliki 56% headroom.

“Jumlah tersebut cukup untuk mengantisipasi lonjakan trafik data selama masa liburan panjang Idul Fitri,” kata dia.

Selanjutnya, untuk layanan telepon dan SMS, Indosat juga sudah mengantisipasi adanya lonjakan trafik penggunaan. Untuk voice call, Indosat Ooredoo memiliki kapasitas lebih dari 95% dan kapasitas SMS lebih dari 70%.

Jaringan 4G Berkualitas Video Sambut Lebaran
Informasi sebelumnya menyebutkan berbekal pengalaman di masa Ramadan dan Lebaran tahun lalu, Indosat Ooredoo melakukan penanganan khusus terhadap area-area dengan peningkatan trafik tertinggi selama Lebaran, seperti Botabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung.

Hal ini dilakukan dengan dukungan model operasi digital berbasis Artificial Intelligence dan otomatisasi yang dicanangkan sejak tahun lalu. Indosat Ooredoo berkomitmen bahwa kenaikan trafik telekomunikasi khususnya data akan diimbangi dengan kinerja jaringan 4G berkualitas video yang prima. Terbukti di awal Ramadan kecepatan unduh rata-rata berhasil meningkat 6% di tengah kenaikan trafik data sebesar 8% dibandingkan hari biasa.

Sementara itu kualitas layanan telekomunikasi lainnya seperti telepon dan SMS tetap terjaga dengan baik. Hal ini membuktikan pelanggan Indosat Ooredoo tetap bisa menikmati pengalaman berkomunikasi yang lancar di jaringan 4G berkualitas video meskipun terjadi tren peningkatan trafik khususnya data, yang diprediksi akan terus naik sampai puncaknya di Lebaran nanti.

Menghadapi kebutuhan telekomunikasi pelanggan yang terus meningkat, tahun ini Indosat Ooredoo telah membangun jaringan 4G berkualitas video dengan jauh lebih cepat dari yang direncanakan. Lebih dari 50% rencana site baru 2021 sudah selesai dibangun di kuartal pertama. Tidak hanya itu saja, lebih dari 32% rencana peningkatan kapasitas jaringan dan lebih dari 33% rencana fiberisasi berhasil dieksekusi dalam periode yang sama.

Layanan pelanggan Indosat Ooredoo juga selalu siap membantu pelanggan dan tersedia di berbagai saluran seperti aplikasi MyIM3, call center 185, media sosial Twitter @indosatcare, serta website indosatooredoo.com.

Indosat Bebagi
Tidak hanya itu, diluncurkan pada awal Ramadan tahun ini, program donasi #RamadanBangkitBersama telah berjalan sejak 13 April sampai dengan 9 Mei. Kali ini Indosat Ooredoo mengajak para pelanggan dan karyawannya untuk menjadi jembatan kebaikan dengan berdonasi melalui BenihBaik.com, sebuah platform crowdfunding terpercaya di Indonesia.

Hasil donasi tersebut kemudian disalurkan secara langsung kepada mereka yang membutuhkan di wilayah Aceh, Bali, Bogor, Jakarta, Kebumen, Makassar, Mamuju, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta.

Program donasi #RamadanBangkitBersama merupakan pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat Ooredoo di Fondasi Filantropi. Dukungan penuh para pelanggan dan karyawan Indosat Ooredoo dalam program donasi ini mempertegas hasil laporan tahunan World Giving Index (WGI) edisi ke-10 yang menyatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu dari 10 negara paling dermawan di dunia.

Baca Juga:Indosat Ooredoo Salurkan Donasi dari Pelanggan dan Karyawan

Vikram Sinha, Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, mengatakan, program donasi #RamadanBangkitBersama merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Indosat Ooredoo mendukung Pemerintah dalam membantu masyarakat Indonesia untuk bangkit di tengah situasi pandemi.

“Sebagai perusahaan telekomunikasi digital di Indonesia, Indosat Ooredoo memaksimalkan pemanfaatan teknologi platform crowdfunding dalam menggalang donasi dengan menggandeng BenihBaik.com. Kami berharap program ini bisa menginspirasi yang lain untuk terus berkolaborasi dalam kebaikan.”tutur Vikram

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru