Beranda News Rumour Chip Buatan Google, Muncul Perdana di Pixel 6

Chip Buatan Google, Muncul Perdana di Pixel 6

-

Jakarta, Selular.ID – Google dilaporkan tengah mengembangkan chip smartphone original buatan sendiri.

Kabarnya ini berhembus pertama kali muncul pada awal tahun 2020. Dan banyak diartikan bahwa perusahaan siap mengembangkan prosesor sendiri dengan nama kode Whitechapel dengan nomor kode GS101.

Seperti dilaporkan Xda Developer, Whitechapel adalah sebuah system on chip (SoC) buatan Google yang nantinya digunakan di smartphone Pixel ataupun laptop Chromebook, mirip dengan chip original Apple untuk iPhone maupun iMac.

Dan untuk produl Google, chipset tersebut akan digunakan perdana di smartphone yang segera hadir, Google Pixel 6.

Sundar Pichai, CEO Google sebelumnya telah mengkonfirmasi bahwa perusahaan telah menyiapkan investasi lebih banyak untuk komponen hardware. Ia juga mengatakan bahwa hasil investasi akan segera dikenalkan pada 2021.

Google menjalankan kerja sama dengan Samsung untuk menghadirkan chipset Whitechapel. Sebagaimana diketahui, Samsung juga mengembangkan chip Exynos yang menyaingi prosesor buatan Qualcomm untuk ponsel Android, Snapdragon.

Hal tersebut pun membuat kita tidak perlu terkejut ketika nantinya desain dan arsitektur dari chipset ini mirip seperti chpiset Exynos buatan Samsung. Tapi pasti akan ada hal berbeda yang dihadirkan Google untuk membuat chipset-nya lebih istimewa.

Dalam dokumen yang dibocorkan, Whitechapel ini akan memiliki nama kode “Slider”. Nama yang sama juga telah muncul di aplikasi Google Camera.

Baca Juga:Google Pixel 6 Gunakan Kamera Selfie di Bawah Layar?

Secara internal, Google menyebut chip ini sebagai GS101, di mana GS diyakini adalah singkatan dari Google Silicon.

Sayangnya, Google belum memberikan informasi apapun mengenai chip terbaru buatannya. Mereka juga menolak memberikan klarifikasi dari kabar tersebut.

Sebelumnya paten Google menunjukkan Google Pixel 6 tampaknya memiliki kamera selfie di bawah layar. Konsep desain ini ditemukan oleh Patently Apple. Desain Google Pixel 6 di bagian depan tidak menampilkan kamera selfie dengan bentuk punch-hole, lensa pop-up ataupun waterdrop notch.

Hal ini menjadi indikasi bahwa Google Pixel 6 akan meluncur dengan lensa yang ditempatkan di bagian bawah layar.

Untuk bagian belakang, Pixel 6 menampilkan desain kamera belakang yang tidak akan berubah dari ponsel sebelumnya, Pixel 5. Itu artinya, modul kamera akan menyertakan dua sensor dan satu lampu flash LED. Namun, semua itu masih informasi yang belum dikonfirmasi Google.

 

Artikel Terbaru