spot_img
BerandaNewsSecurityAwas! Beredar Iklan Download Clubhouse Versi PC Berisi Malware

Awas! Beredar Iklan Download Clubhouse Versi PC Berisi Malware

-

Jakarta, Selular.ID – Seiring dengan meningkatnya kepopuleran aplikasi Clubhouse, banyak pihak yang tidak bertanggung jawab menyebar iklan palsu yang menyediakan download aplikasi Clubhouse untuk perangkat PC. Tidak hanya palsu, iklan tersebut ternyata juga berisi malware.

Patut diperhatikan, aplikasi Clubhouse hanya tersedia untuk pengguna Apple iOS. Versi Android-nya juga belum tersedia. Begitu juga dengan versi PC yang bahkan sama sekali belum ada rencana untuk mengarah kesana.

Berdasarkan laporan, jika pengguna mengklik iklan palsu tersebut, mereka akan diarahkan ke situs Clubhouse versi PC palsu. Setelah masuk, tautan tersebut akan langsung mengunduh file berisi malware ke perangkat korbannya.

Aplikasi palsu tersebut akan mencari instruksi dari server command and control mengenai tindakan apa yang harus diambil selanjutnya. Beberapa orang yang telah mengklik iklan palsu tersebut mengaku perangkatnya kini terjangkit dengan malware.

Setelah perangkat terjangkit malware tersebut, korban akan dimintai sejumlah uang tebusan agar perangkatnya yang terinfeksi dapat berfungsi normal seperti sedia kala.

Iklan palsu mengenai aplikasi Clubhouse palsu ini banyak beredar di Facebook. Meski demikian, pihak Facebook belum mengungkapkan jumlah pasti pengguna yang telah mengakses iklan palsu tersebut.

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda berhati-hati apabila menemukan iklan terkait aplikasi Clubhouse. Jangan langsung tergiur untuk masuk ke link tersebut agar perangkat Anda terhindar dari malware.

Baca juga :  Agar Keuangan Aman dari Serangan Siber, Ikuti 5 Langkah Penting Berikut Ini
spot_img

Artikel Terbaru