Beranda News Market Update Selama 2020, ZTE Cetak Pertumbuhan dari Ketiga Bisnis Utama

Selama 2020, ZTE Cetak Pertumbuhan dari Ketiga Bisnis Utama

-

Jakarta, Selular.ID – ZTE menerbitkan Laporan Tahunan 2020 dan Pengumuman Hasil Awal dari Kuartal Pertama 2021. Dalam laporan tersebut, di tahun 2020 pendapatan operasional ZTE mencapai RMB101,45 miliar yang menggambarkan peningkatan tahun ke tahun sebesar 11,8%.

Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham biasa (ordinary share) dari perusahaan tercatat sebesar RMB4,26 miliar dan penurunan tahun ke tahun sebesar 17,3%.

Hal ini terutama disebabkan oleh pertumbuhan laba bersih yang relatif substansial untuk tahun 2019 yang terdiri dari pendapatan satu kali sebelum pajak sebesar RMB2,66 miliar dari pelepasan aset selama kuartal ketiga tahun 2019. Laba per saham dasar adalah RMB0,92. Sementara itu, perusahaan memperkirakan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham biasa untuk kuartal pertama 2021 mencapai RMB1,8 miliar hingga RMB2,4 miliar dengan pertumbuhan tahun ke tahun dari 130,8% menjadi 207,7%.

Menurut perusahaan, pertumbuhan tersebut terutama disebabkan oleh dua aspek berikut:

  • Pertama, perusahaan melaporkan pertumbuhan pendapatan operasional dari tahun ke tahun dan pemulihan marjin laba kotor (gross margin) yang berkelanjutan untuk periode pelaporan serta peningkatan profitabilitas yang substansial untuk mengoptimalkan pola pasarnya.
  • Kedua, selama periode tersebut, perusahaan mengalihkan 90% Kepemilikan Ekuitas di Caltta Technologies Co., Ltd., yang mencatat laba sebelum pajak sekitar RMB774 juta.

Pada tahun 2020, terlepas dari tantangan pandemi dan lingkungan eksternal yang kompleks, perusahaan tetap berupaya untuk fokus pada bisnis utama dan inovasi teknologi, mengutamakan kualitas operasi serta secara aktif mempromosikan pengembangan bisnis dan pangsa pasar global.

Pada tahun 2020, pendapatan operasional ZTE di pasar domestik dan internasional meningkat dari tahun ke tahun, dengan peningkatan masing-masing sebesar
16,9% menjadi RMB68,05 miliar dan 2,7% menjadi RMB33,40 miliar. Dalam pasar domestik, ZTE memanfaatkan peluang pengembangan 5G dan infrastruktur baru, membuat pencapaian besar pada tahun 2020 baik dalam pangsa pasar maupun pertumbuhan pendapatan. Dalam pasar internasional, margin laba kotor ZTE naik 4,9% menjadi 37,2%, jumlah tersebut merupakan yang tertinggi dalam dekade terakhir dan berhasil diraih perusahaan.

Pada tahun 2020, ZTE memperoleh pertumbuhan dari tahun ke tahun di ketiga layanan utamanya. Secara khusus, dalam hal pendapatan operasi, jaringan operator perusahaan, layanan pemerintah dan perusahaan, serta layanan konsumen meningkat masing-masing sebesar 11,2% menjadi RMB74,02 miliar, 23,1% menjadi RMB11,27 miliar, dan 7,8% menjadi RMB16,16 miliar.

Ke depan, ZTE akan terus memperkuat posisi perusahaan melalui berbagai solusi inovatif dan berkomitmen untuk membangun potensi ekonomi digital. Selain itu, perusahaan akan terus meningkatkan sistem manajemen kepatuhan (compliance), serta memperkuat pengendalian dan manajemen internal. ZTE akan terus bekerja sama dengan mitra industri untuk membangun kemampuan yang lebih tinggi sehingga dapat mencapai pertumbuhan yang berkualitas secara bersama-sama.

Artikel Terbaru