Beranda Apps Aplikasi Find My di Apple Gulirkan Fitur Safety Alerts

Aplikasi Find My di Apple Gulirkan Fitur Safety Alerts

-

Jakarta, Selular.ID – Fitur baru Item Safety Alerts di aplikasi Find My Apple tersedia di pembaruan iOS 14.5 beta. Fitur tersebut akan memberitahu pengguna jika ada perangkat tak dikenal yang diacak di aplikasi Find My bergerak bersama pengguna, sehingga pengguna dapat menghapus atau menonaktifkannya.

Fitur keamanan tersebut seperti dikutip Mashable, kemungkinan dirancang untuk mengatasi masalah perangkat yang kompatibel dengan Find My tersembunyi di saku atau tas dan digunakan untuk melacak pergerakan seseorang.

Pengaturan ini diaktifkan secara default dalam versi beta dan Apple tampaknya ingin fitur itu tetap aktif.

Jika pengguna mematikan pengaturan, sistem akan memperingatkan pengguna bahwa perangkat yang tidak dikenal dapat melihat lokasi pengguna tanpa pengguna mengetahuinya.

Seperti diketahui, Apple mengenalkan aplikasi Find My di iOS 13 dan macOS Catalina pada WWDC 2019. Aplikasi ini menggantikan Find My iPhone dan Find My Friends yang selama ini tersedia di perangkat iOS.

Tidak sekedar berganti nama, Find My juga punya fitur baru yang sangat aman dan bisa membantu mencari perangkat Apple yang hilang, namun menggunakan bantuan perangkat Apple lainnya di sekitar.

Canggihnya lagi, fitur Find My dapat membagikan lokasi dari perangkat yang hilang menggunakan koneksi Bluetooth bahkan ketika tidak terhubung ke internet alias offline.

Baca Juga:Oppo Find X3 Pro Menjadi Smartphone Satu Miliar Warna Pertama di Dunia

Koneksi Bluetooth tersebut dapat diterima oleh perangkat Apple lain di sekitarnya yang diteruskan ke cloud. Dari server Apple, pengguna akan mendapatkan informasi mengenai lokasi dari perangkat yang hilang. Secara singkat, setiap perangkat Apple yang sudah mendukung aplikasi Find My akan membuat Public Key dan Private Key.

Public Key adalah kunci untuk enkripsi data yang hanya bisa dibuka dengan Private Key yang ada di perangkat Apple kedua yang kamu miliki.

Artikel Terbaru