spot_img
BerandaNewsSecurityHacker Mulai Mengeintai Chip M1 Apple

Hacker Mulai Mengeintai Chip M1 Apple

-

Jakarta, Selular.ID – Chip silikon M1 yang dibuat khusus dari Apple. Dan Chipset ini disebut-sebut Chipset Pertama Mac yang diklaim tercepat di Dunia. Chipset ini pertama kali diumunkan pada November tahun lalu.

Dan kabar kurang baik hadir, peneliti keamanan Patrick Wardle mengatakan dia telah menemukan aplikasi berbahaya yang dibuat khusus untuk chip M1. Jelasnya, hacker mulai menargetkan sistem tersebut.

Dia menulis dalam postingan blog, seperti dilaporkan Wired, ekstensi adware Safari, yang disebut GoSearch22, pada awalnya dirancang untuk prosesor Intel X86.

GoSearch22 tampaknya adalah varian dari adware Mac terkenal Pirrit. Wardle mengatakan kepada Motherboard, malware tersebut tampaknya fairly vanilla. Mereka mengumpulkan data pengguna dan membumbui layar dengan iklan terlarang.

Tapi, pengembangannya dapat memperbarui GoSearch22 dengan fungsi yang lebih berbahaya. Meskipun Mac baru masih dapat menjalankan aplikasi yang dirancang untuk chip Intel x86 melalui emulasi, banyak pengembang membuat M1 versi asli dari software mereka.

Keberadaan GoSearch22, tulis Wardle, mengonfirmasi pembuat malware atau adware memang bekerja untuk memastikan kreasi jahat mereka secara native kompatibel dengan hardware baru Apple. Wardle menemukan malware tersebut di platform pengujian antivirus milik Alphabet, temuan mendapatkan ada seseorang mengunggahnya pada Desember.

Peneliti menemukan, meskipun pemindaian antivirus platform menandai adware versi x86 sebagai berbahay, 15 persen dari mereka tidak mencurigai M1 versi GoSearch22 adalah malware.

Seperti diketahui Apple meluncurkan MacBook Air. MacBook Pro 13 inch dan Mac Mini menggunakan chip M1.

Baca juga :  AirPods Pro 2 Tidak Akan Dirilis Apple di Tahun 2021

Dilansir dari laman resmi Apple, chip M1 didesain khusus untuk notebook Mac ini digadang-gadang sebagai prosesor terkuat yang pernah dibuat oleh Apple. Dikombinasikan dengan sistem operasi macOs Big Sur, chip M1 memungkinkan pengguna MacBook untuk merasakan peningkatan kualitas yang signifikan.

Chip M1 memiliki berbagai keunggulan, yakni meningkatan kinerja dan masa pakai baterai. Menurut Apple, dengan M1, pengguna akan mendapatkan delapan core yang diharapkan dapat menyamai ‘performa maksimum PC’ dengan hanya menggunakan 25 persen daya. Kemampuan M1 disebut dapat mempercepat beberapa fungsi seperti pengeditan video dan foto berkat kekuatan pemrosesan yang ditingkatkan.

Performa game meningkat, sebelumnya Mac tidak pernah menjadi platform game yang sangat populer. Apple mengklaim Mac Mini baru yang didukung M1 membuat grafik enam kali lebih cepat dari sebelumnya. Game Baldur’s Gate 3 digunakan sebagai contoh game yang bekerja dengan baik di M1.

Baca juga :  Situs Palsu Pedulilindungi Diblokir, BSSN: Ada Banyak Unsur Kebocoran Data yang Melatar Belakanginya

Baca Juga:Chrome Tersedia untuk Apple Chipset M1

Mengingat sejarah buruk Apple dengan game, fungsi ini masih harus dilihat lagi. Para gamer yang serius mungkin sudah memiliki konsol atau PC yang bagus.

Bisa digunakan di mana saja
Perubahan besar M1 terakhir adalah perangkat M1 seperti MacBook dan Mac Mini baru dapat menjalankan aplikasi iPhone dan iPad, bukan hanya aplikasi Mac.

Jika ada sesuatu yang benar-benar pengguna suka gunakan di iPhone Anda, seperti cuaca alternatif atau aplikasi navigasi, Anda secara teoritis dapat menginstalnya pada mesin yang mendukung M1.

spot_img

Artikel Terbaru