Beranda News Telco Tri Indonesia: Penggunaan Aplikasi Mobile Game Meningkat 80%

Tri Indonesia: Penggunaan Aplikasi Mobile Game Meningkat 80%

-

Jakarta, Selular.ID – Tri Indonesia mencatat adanya peningkatan penggunaan internet secara keseluruhan sebesar 15%, dan penggunaan mobile games Garena Free Fire meningkat sebesar 80% selama libur natal dan tahun baru.

Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya pelanggan Tri yang menghabiskan liburan akhir tahun di rumah, sesuai imbauan pemerintah untuk merayakan natal dan tahun baru dari rumah saja.

Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia mengatakan, dengan adanya pembatasan sosial selama perayaan natal dan tahun baru, para pelanggan Tri menjadi lebih aktif menggunakan platform digital untuk tetap terhubung dengan orang-orang terdekat, atau untuk mengakses hiburan online, seperti mobile games.

“Para pelanggan kami pun memercayakan jaringan Tri Indonesia untuk mengakses mobile games secara mudah dan cepat. Kami juga bersyukur bahwa salah satu lembaga analitik seluler independen memberikan penilaian bahwa jaringan kami merupakan jaringan terbaik untuk bermain mobile games,” jelas Desmond.

Selain Garena Free Fire, Tri Indonesia juga mencatat empat aplikasi lainnya yang mengalami lonjakan penggunaan saat natal dan tahun baru dibandingkan dengan hari biasa. Penggunaan Whatsapp meningkat sebesar 20%, Tiktok, Instagram, dan Facebook meningkatkan sebesar 13%.

Pada jam-jam sibuk malam tahun baru, yaitu antara pukul 20.00 WIB pada 31 Desember 2020 hingga 02.00 WIB pada 1 Januari 2021, banyak dari pengguna 3Tri yang menggunakan internet untuk melakukan panggilan video melalui WhatsApp, bermain mobile games serta mengakses media sosial.

Baca Juga:Genjot Ekosistem Digital, Tri Indonesia Rilis Layanan Berbasis IoT

Sebelum terjadi peningkatan penggunaan data, Tri Indonesia telah melakukan optimasi jaringan di ratusan Points of Interest (POI) di kawasan pemukiman dan titik keramaian. Selain itu, 3 Indonesia juga telah menyediakan sejumlah Cell of Wheels (COW) tambahan di sepanjang tol Jakarta-Semarang, seperti Rest Area Kendal 1 (Km 360), Rest Area Kendal 2 (Km 379), dan Rest Area Saradan (Km 626). Antisipasi tersebut telah dilakukan untuk mendukung kebutuhan para pengguna akan kualitas internet selama libur natal dan tahun baru.

“2020 adalah tahun yang sangat menantang untuk kita semua, tapi kita tidak boleh menyerah. Di tengah masa yang sangat menantang ini, Tri Indonesia juga telah menambah 6.000 BTS 4,5G Pro di seluruh Indonesia, dan kami juga mendapatkan tambahan frekuensi 10MHz di pita frekuensi 2300MHz. Dengan adanya vaksin di tahun 2021 ini, kami optimis situasi akan menjadi lebih baik. Tri Indonesia akan terus berkomitmen memperluas dan memperkuat jangkauan jaringan dengan kualitas yang lebih baik dan juga terus mendukung pemerintah dalam pemerataan akses internet di seluruh Indonesia”, tutup Desmond.

 

Artikel Terbaru