BerandaAppsFitur People Nearby Telegram Rentan Diretas Hacker

Fitur People Nearby Telegram Rentan Diretas Hacker

-

Jakarta, Selular. ID – Fitur People Nearby di Telegram disebut-sebut dapat disalah gunakan orang yang tidak bertanggung jawab. Fitur ini memungkinkan pengguna chatting dengan orang atau join grup di sekitar tempat tinggal mereka.

Pasalnya, selain memperlihatkan nama dan gambar profil mereka, fitur People Nearby di Telegram juga mengungkap seberapa jauh orang atau lawan bicara itu berada dengan jarak yang cukup akurat.

Fitur ini tidak aktif secara default dan harus diaktifkan secara manual. Ketika diaktifkan, jarak pengguna akan diperlihatkan ke pengguna lain yang juga mengaktifkan fitur ini dan sedang berada di wilayah yang sama.

Biasanya fitur ini hanya memperlihatkan lokasi seseorang dalam bentuk radius, misalnya 600 meter atau 1 km jauhnya. Tapi dengan sedikit trik, hacker bisa mendapatkan alamat lengkap pengguna.

Dilaporkan Android Police, celah ini pertama kali ditemukan oleh pemburu bug Ahmed Hassan. Ia mengatakan fitur People Nearby memungkinkan hacker untuk melacak lokasi persis pengguna.

“Pengguna yang mengaktifkan fitur ini tidak menyadari bahwa pada dasarnya mereka mempublikasikan lokasi persisnya,” kata Hassan dalam blognya.

Untuk mendapatkan alamat persis pengguna, hacker bisa memalsukan lokasinya menggunakan GPS palsu. Untuk memalsukan lokasi GPS, Hassan mengatakan cara paling mudah adalah dengan berjalan kaki di area sekitar, kumpulkan GPS garis lintang dan bujur, dan seberapa jauh lokasi orang yang menjadi target.

Baca Juga:Telegram Tambah Fitur Voice Chat untuk Group

Opsi lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi GPS palsu yang banyak ditemukan di Google Play Store. Hassan menjelaskan hacker bisa memalsukan lokasinya di dekat pengguna dalam batas radius 11 km.

Setelah itu mereka akan mengumpulkan data seberapa jauh orang yang menjadi target dari titik tersebut, lalu ulangi langkah ini sampai tiga kali.

Artikel Terbaru