Beranda Apps Adobe Flash Player Pamit Di Awal Tahun Baru

Adobe Flash Player Pamit Di Awal Tahun Baru

-

Jakarta, Selular.ID – Di penghujung tahun 2020 ternyata Adobe mengugumkan tidak akal lagi memberikan dukungan untuk Flash Player setelah 31 Desember 2020. Dan pengguna disarankan untuk menghapusnya dari perangkat komputasi Anda untuk mengamankan sistem sebelum pemblokiran serentak 12 Januari 2021 mendatang.

“Adobe akan memblokir konten Flash yang berjalan di Flash Player mulai 12 Januari 2021. Adobe sangat merekomendasikan semua pengguna segera menghapus Flash Player untuk membantu melindungi sistem mereka,” kata Adobe dalam laman resmi mereka.

Sebagai catatan, meskipun dihilangkan pengoperasianya, Flash Player akan benar-benar hilang apabila dihapus oleh pengguna. ‘’Uninstall Flash Player akan membantu mengamankan sistem Anda karena Adobe tidak bermaksud mengeluarkan pembaruan atau patch keamanan setelah tanggal habis beroperasi. Adobe juga tidak lagi menyediakan laman untuk mengunduh Flash Player setelah 31 Desember, saat ini tautan untuk mengunduh program tersebut sudah tidak ada.’’ kata Adobe.

baca juga: Adobe Rilis Lightroom Versi Arm Untuk MacOS

Jadi secara resmi informasi yang diberikan dari Adobe juga melanjutkan informasi, apabila ada website lain yang menyediakan unduhan Flash Player kedepan, Adobe menyatakan versi tersebut tidak dikeluarkan oleh pihak perusahaan. Mereka menyarankan untuk tidak mengunduh aplikasi tersebut, karena besar kemungkinan itu merupakan illegal sekaligus sumber virus dan malware.

Sekedar informasi dilansir dari laman The Verge, program yang kerap dikenal sebagai salah satu sarana media terbaik di zamannya, yakni Adobe Flash sebenarnya telah merencanakan penghentian program sejak 2015. Hal ini dikarenakan program yang diakui lawas, Adobe menyarankan para developer ataupun konsumen untuk beralih ke HTML5. Sehingga secara tidak resmi penghentian Adobe Flash sebenarnya dilontarkan pada 2017.

Baca juga: 4 Tren Editing Foto di Instagram Sepanjang 2020

Program Adobe Flash memiliki jam terbang dua dekade lebih (sebelumnya Macromedia). Apabila program ini dihentikan, besar kemungkinan beberapa media lawas seperti animasi, dan game yang menggunakan Adobe Flash tidak bisa digunakan mulai dari 2021.

Kendati demikian, sebagai alternatif pihak perusahaan telah membuat Adobe Animate sebagai pembelajaran pembuatan animasi berbasis vektor untuk membuat iklan, game, ataupun aplikasi situs layaknya Adobe Flash. Untuk dapat bertahan di sistem operasi dan internet, konten Adobe Animate yang dibuat bisa diekspor secara native menjadi format HTML5 sebagai publikasi secara personal dan komersil.

 

Artikel Terbaru