Beranda Editor's Choice Editor's Choice 2020 Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartband

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartband

-

Jakarta, Selular.ID – Pasar wearable device kian menggeliat di tanah air. Sejak tahun lalu sejumlah vendor smartphone mulai menghadirkan perangkat lain seperti smartband, smartwatch, hingga earbuds.

Tahun ini, perangkat yang tergolong dalam kategori internet of things itu kian beragam dan banyak fitur. Berkat harganya yang terjangkau dan fungsinya yang esensial, membuat wearable device kian diminati masyarakat.

Melihat fenomena nyata di kalangan masyarakat itula, pada Selular Editor’s Choice 2020 kali ini, kami akhirnya memasukkan kategori IoT. Untuk nominasi Best Smartband terdapat lima kandidat, yaitu:

  • Xiaomi Mi Smart Band 5
  • Realme Band
  • Honor Band 5
  • Fitbit Inspire 2
  • Samsung Galaxy Fit

Xiaomi Mi Smart Band 5

Kandidat pertama pada kategori wearable device untuk kebugaran di ajang Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartband datang dari Xiaomi. Mi Band 5 resmi edar di tanah air Agustus lalu dan dijual dengan harga Rp450 ribu.

Mi Smart Band 5 hadir dengan menawarkan serangkaian kelebihan bagi penggunanya untuk tetap aktif dengan perangkat yang modis. Dari segi spesifikasi, smart band ini hadir dengan layar AMOLED berukuran 1,1 inci untuk menampilkan notifikasi yang diterima bisa dibaca dengan jelas.

Dengan layar lebih luas, akan lebih banyak yang bisa diukur dan ditampilkan perangkat, seperti 11 aktivitas olahraga mulai yoga hingga lompat tali, serta memantau denyut jantung, kualitas tidur, termasuk pemantau jadwal menstrual untuk wanita.

Fitur baru ditambahkan untuk perangkat ini yakni camera remote yang memudahkan pengguna mengambil gambar dengan satu sentuhan.

Tidak lupa ada sertifikasi 5ATM yang memungkinkan Mi Smart Band 5 dipakai sembari berenang, snorkeling, band bisa diajak tenggelam hingga 50 meter dari permukaan air. Saat mandi, Mi Smart Band 5 pun aman dikenakan.

Untuk sekali pengisian daya, pemantau kebugaran ini bisa bertahan hingga 14 hari hingga harus diisi kembali, dan caranya pun mudah berkat charger magnet yang menempel dengan mudah ke bagian belakang.

Mi Band 5 juga dilengkapi dengan fitur PAI (Personal Activity Intelligence) yang dapat memprediksi seberapa besar dampak olahraga menggunakan Mi Band terhadap kebugaran tubuh pengguna.

Untuk mendukung fitur tersebut, Mi Band 5 dilengkapi dengan sensor photoplethysmography (PPG) yang dapat mendeteksi denyut nadi secara real-time.

Baca juga: Selular Editor’s Choice 2020: Most Valuable Smartphone

Realme Band

Best Smartband

Tahun ini Realme memperluas sayap bisnisnya dengan mengeluarkan produk internet of things (IoT). Gelang pintar pertama perusahaan yang dinamakan Realme Band menjadi kandidat kedua dalam kategori Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartband. Realme Band hadir dengan 2 opsi warna (Hijau dan Hitam) dan dibanderol Rp399.000.

Serupa dengan gelang pintar lainnya, fungsi utama Realme Band adalah mendukung pengguna tetap bugar dengan sederet fitur kesehatan didalamnya. Selain itu, perangkat juga dijejali banyak fitur-fitur kesehatan yang menarik.

Gelang pintar ini memiliki sensor detak jantung optik PPG presisi tinggi yang secara akurat dapat mengukur denyut hantung secara real-time. Disisi lain, perangkat mampu mendukung 9 mode olahraga seperti berjalan, berlari, yoga dan banyak lagi.

Tersedia juga fitur pemantau kualitas tidur (Sleep Quality Monitor) hingga sekedar peringatan untuk minum dan bergerak (Idle Alert).

Tak hanya berfokus pada fitur kesehatan, Realme juga memperhatikan desain dari smartband yang menyasar kalangan muda tersebut. Hadir dengan layar warna besar berukuran 2,4 cm (0,96 inci), produk AIoT ini diklaim mampu menampilkan lebih dari 65.000 warna dan paling banyak 64 huruf.

Selain itu, Realme juga menawarkan 5 tampilan layar yang berbeda. Melalui layar, Pengguna bisa menerima notifikasi dari sejumlah aplikasi populer (Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter, TikTok, YouTube, Messenger, SMS) dengan optimalisasi waktu tertentu.

Menariknya, perangkat ini didesain dengan konsep USB Direct Charge, yang memungkinkan pengguna menghubungkan perangkat secara langsung dengan charger untuk mengisi daya. Pengguna hanya perlu membuka strap dari smartband untuk menemukan USB tersebut.

Perangkat juga memiliki level ketahanan air IP68. Dengan begitu, dapat melindungi smartband dari kotoran, debu, pasir, dan air. Dalam konektivitas, produk AIoT Realme terintegrasi dengan aplikasi cerdas Realme Link. Fungsinya, untuk menghubungkan perangkat dengan smartphone, sehingga pengguna bisa mengatur perangkat, dan mendapatkan fitur smartband tadi.

Honor Band 5

Kandidat selanjutnya untuk Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartband datang dari sub-brand Huawei yang kini sudah dijual, Honor. Kendati sudah dijajakan sejak satu tahun lalu, Honor Band 5 masih menjadi incaran konsumen. Mungkin karena harganya yang sangat terjangkau, untuk fitur yang cukup esensial. Di Tanah Air, wearable device ini dijual dengan harga Rp459.000.

Meski harganya terbilang murah, gelang pintar ini dibekali dengan sejumlah fitur andalan yang cukup lengkap, salah satunya adalah fitur yang absen di smartband pada umumnya, yakni SpO2. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengukur kadar oksigen di dalam darah, sehingga pengguna bisa memantau bagaimana tubuh mereka beradaptasi ketika berolahraga di beragam tempat.

Layar AMOLED berwarna Secara fisik, Honor Band 5 tampil dengan desain elegan ditemani dengan tombol capacitive berbentuk elips dan strap berbahan karet. Lebih lanjut, smartband ini mengusung layar AMOLED berwarna dengan luas bentangan 0,95 inci (resolusi 240 x 120 piksel).

Meski mungil, layar ini mampu menampilkan berbagai informasi esensial seperti tanggal, waktu baterai, notifikasi, hingga jumlah langkah kaki (steps) yang telah ditempuh pengguna. Antarmuka gelang pintar (watch face) pun bisa dengan mudah diganti sesuai dengan selera melalui smartphone di aplikasi Huawei Health yang bisa diunduh di Google Play Store atau Huawei App Gallery.

Ketika digunakan untuk aktivitas berolahraga, misalnya untuk berenang, Honor Band 5 mampu merekam beragam gerakan atau gaya renang yang dilakukan, berikut jarak yang sudah ditempuh, waktu, jumlah ayunan tangan, dan efisiensi dalam berenang (SWOLF).

Perangkat ini pun masih bisa menyala meski digunakan selama kurang lebih 30 menit untuk aktivitas di dalam air dengan kedalaman 1 hingga 2 meter. Honor mengklaim perangkat ini tahan air hingga kedalaman 50 meter.

Selain berenang, ada 9 mode perekaman aktivitas lain yang bisa pengguna manfaatkan, seperti aneka olahraga indoor, senam, berlari, hingga bersepeda.

Uniknya, gelang pintar ini juga punya fitur andalan lainnya, seperti pendeteksi detak jantung secara real-time, fitur untuk memantau kualitas tidur, pelacak ponsel (phone finder), serta pengontrol musik yang sedang berjalan di smartphone.

Untuk ketahanan baterai, Honor mengklaim gelang pintar ini mampu bertahan hingga 14 hari dalam sekali pengisian.

Fitbit Inspire 2

Best Smartband

Hadir dengan desain yang lebih menarik, Fitbit Inspire 2 rilis September lalu di Indonesia. Ditujukan untuk terus meningkatkan kesadaran akan kesehatan bagi konsumen, perangkat membawa fitur-fitur baru dan lebih lengkap dari model sebelumnya, Inspire dan Inspire HR.

Fitbit Inspire 2 tetap hadir dengan banyak pilihan warna strap, termasuk opsi untuk bahan lain seperti kulit, plus aksesori opsional berupa klip agar bisa berfungsi sebagai pedometer. Tersedia dalam tiga warna (Black, Dessert Rose, dan Lunar White), Fitbit Inspire 2 dijual seharga Rp1.999.000.

Melalui Inspire 2, Fitbit memberikan gratis keanggotaan layanan Fitbit Premium selama satu tahun yang biasanya hanya disediakan untuk perangkat yang lebih mahal. Layanan ini termasuk pemantauan kualitas tidur lebih detil, kesehatan secara umum serta penilaian kondisi kesehatan yang lebih menyeluruh.

Dibandingkan model terdahulu, Fitbit Inspire 2 punya layar lebih terang dengan kontras lebih baik. Selain dapat dipasangkan dengan perangkat iOS, perangkat ini bisa menampilkan notifikasi dari smartphone plus memberi balasan cepat jika dipasangkan dengan smartphone Android.

Desain tombol di sisi sebelahnya juga sedikit berubah. Tidak lagi terlihat terpisah, melainkan menyatu dengan tonjolan yang cukup terlihat. Desain seperti ini seharusnya mampu tingkatkan proteksi dari air, meski masih sama-sama memiliki standar 5ATM, alias kedalaman 50 meter.

Menjadi kandidat ketiga dalam Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartband, Fitbit Inspire 2 dapat digunakan sembari berenang, dengan fitur pool tracking untuk mencatat kegiatan saat di dalam air. Selain mampu mendeteksi beragam jenis olahraga umum (hingga 20 macam), gelang pintar yang satu ini juga dapat berikan skor kualitas tidur, tingkatan olahraga kardio serta waktu dimana penggunanya aktif berkegiatan.

Selain mendeteksi tidur secara otomatis, detak jantung juga dipantau selama 24/7. Sensornya diletakkan di balik layar, bersebelahan dengan port untuk mengisi dayanya. Ya, pengguna tidak perlu melepas strap untuk isi daya Fitbit Inspire 2. Sementara daya tahannya kini meningkat hingga 10 hari pemakaian.

Samsung Galaxy Fit

Pada nominasi berikutnya di Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartband ada Galaxy Fit2. Samsung terus menghadirkan inovasi pada produk terbarunya, terutama untuk mendukung aktivitas dan gaya hidup semua kalangan pada era new normal, salah satunya melalui Galaxy Fit2.

Membawa layar AMOLED 1,1 inci dan baterai 159 mAh, yang diklaim dapat bertahan hingga 21 hari pemakaian, Galaxy Fit2 dibandrol seharga Rp699.000.

Wearable device ini hadir dengan peningkatan fitur yang dramatis dari pendahulunya seperti baterai, desain, hingga fitur kesehatan yang sangat kita perhatikan di masa-masa seperti ini. Galaxy Fit2 merupakan life tracker yang dapat memonitor beragam aktivitas penting penggunanya tanpa harus mengkhawatirkan daya tahan baterainya

Dari segi desain, Galaxy Fit2 hadir dengan desain ergonomis yang tipis (11,1mm), layar AMOLED 1,1 inci, dan berat 21g yang sangat nyaman dipakai sepanjang hari. Tak hanya itu gelang pintar ini juga disamatkan beragam fitur kesehatan terbaru yang dapat mendukung gaya hidup penggunanya pada masa new normal seperti; auto workout tracking, sleep score, dan stress level.

Kemudian dengan mendukung lebih dari 70 pilihan tampilan (watch face), Galaxy Fit2 dipastikan dapat disesuaikan dengan style penggunanya di berbagai momen seperti bekerja, hang out, hingga olahraga. Terlebih lagi, inovasi tekstur yang unik pada strap Galaxy Fit2 dapat mencegah penumpukan keringat, cocok mendampingi berbagai sesi olahraga.

Samsung Galaxy Fit2 dapat mendeteksi beragam aktivitas dan olahraga penggunanya secara otomatis seperti; lari, berjalan, dynamic workout, elliptical trainer, rowing machine, sehingga pengguna tinggal memfokuskan diri pada target kebugaran yang diinginkan.

Galaxy Fit2 juga secara otomatis mendeteksi waktu berolahraga, detak jantung, kalori, dan memiliki ketahanan terhadap air (water resistance) hingga 50m dengan sertifikasi 5ATM. Di samping olahraga, juga terdapat fitur sleep tracking pada Galaxy Fit2 untuk memantau kualitas tidur pengguna dan memberikan sleep score, penanda kualitas tidur dan tips untuk meningkatkannya.

Baca juga: Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone di Harga Rp4-6 Juta

Yang menarik untuk menjaga kesehatan mental penggunanya, Galaxy Fit2 juga hadir dengan fitur stress level yang dapat membantu untuk mendeteksi tingkat stress. Pengguna juga dapat mengikuti latihan pernafasan singkat agar lebih rileks menjalani aktivitas harian.

Dari segi konektivitas, Samsung Galaxy Fit2 dapat terhubung dengan berbagai perangkat Galaxy dan juga terkoneksi ke perangkat berbasis Android lainnya dan iOS.

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartband
Fitbit Inspire 2

Best Smartband

Kepiawaian Fitbit di ranah wearable device tidak perlu dipertanyakan lagi. Setiap produk baru yang dikeluarkan membawa sejumlah peningkatan yang esensial bagi pengguna, tidak terkecuali pada produk smartband Inspire 2.

Simak video berikut ini:

Artikel Terbaru