Apps E-Commerce Startup

Perkuat Layanan Bisnis, Facebook Siap Akuisisi Startup Kostumer

Jakarta, Selular.ID – Facebook dikabarkan telah membidik startup Kostumer, untuk memperkuat layanan penjual di platformnya. Guna memuluskan rencananya itu, jejaring sosial terbesar di dunia itu, kabarnya telah siap mengakuisisi perusahaan rintisan tersebut.

The Wall Street Journal, yang pertama kali melaporkan tentang kemungkinan akuisisi tersebut, Selasa (1/12), menyebutkan berdasarkan kesepakatan nilai transaksi untuk prusahaan risntisan Kustomer mendekati $ 1 miliar.  Sementara  Kustomer, yang berbasis di New York itu, telah mengumpulkan sekitar $ 170 juta dalam pendanaan ventura, menurut data yang dikumpulkan oleh Crunchbase.

Hal ini tidak mengherankan pasalnya Facebook kini telah memfokuskan diri untuk menjadi platform e-dagang miliknya semakin terdepan, sekaligus untuk mendorong pendapatan iklan baru karena pertumbuhan pengguna dilaporkan kian melambat.

Baca juga :  Dapat Dana Segar Seri A, Ini yang Bakal Dilakukan Startup Lokal Segari

Kustomer merupakan platform digital manajemen hubungan pelanggan, yang memungkinkan pembisnis menggabungkan percakapan pelanggan mereka dari beberapa saluran ke dalam satu layar, dan juga mengotomatiskan beberapa tanggapan kepada calon pembeli (Chatbot). Perusahaan yang berbasis di New York ini kini telah mengintegrasikan layanannya di Facebook Messenger dan Instagram.

Kesepakatan itu juga memungkinkan Facebook untuk meningkatkan layanan WhatsApp Business-nya, karena lebih banyak pelaku usaha berbondong-bondong megrasi ke aplikasi perpesanan instan untuk menjawab pertanyaan pelanggan selama pandemi COVID-19.

Baca juga: Instagram dan Facebook Messenger Bakal Punya Fitur Pesan Menghilang

Dan Levy eksekutif di Facebook dan WhatsApp, mengatakan dalam sebuah posting di blog perusahaan. Kesepakatan itu akan tunduk pada persetujuan, yang memungkinkan, memperkaya interaksi untuk mereka yang sedang berbisnis di Facebook dan aplikasi lainnya, seperti WhatsApp, Instagram dan Facebook Messenger.

Baca juga :  Facebook Tidak Memberikan Data Akurat Kepada Peneliti Soal Penyebaran Berita Hoaks

“Perpesanan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik secara keseluruhan serta tak dipungkiri hal ini telah mendorong penjualan untuk bisnis,” ungkapnya.

Minat Facebook pada Kustomer juga sangat jelas, menggingat saat ini ada lebih dari 2 miliar pengguna yang memanfaatkan Facebook dengan cara saat ini, mencakup mereka yang memang menggunakan untuk berbisnis, atau sekedar menjadi akun sosial media saja. Serta lebih dari 175 juta orang menjangkau bisnis setiap hari menggunakan layanan perpesanan WhatsApp.

About the author

Imantoko Kurniadi