Beranda News Security Hati-hati Ada Malware Jenis Baru ‘Si Pembajak Browser’

Hati-hati Ada Malware Jenis Baru ‘Si Pembajak Browser’

-

Jakarta, Selular.ID – Malware jenis baru bernama Adrozek dinilai sangat berbahaya, bahkan tim peneliti keamanan siber di Microsoft yang merilis keberadaannya mewanti-wanti agar masyarakat wasdapa terhadap serangan malware yang dapat membajak browser dan mencuri informasi korban ini.

Dikutip dari Hindustantimes, Minggu (13/12), malware Adrozek pada saat beraksi dapat mengambil alih lebih dari 30.000 perangkat PC Windows setiap harinya.

Baca juga: Ternyata ‘Harga Jual’ Data Pribadi Ramah Di Kantong

Cara kerja serangan malware ini melalui menyuntikan iklan ke dalam laman mesin pencarian seperti Microsoft Edge, Google Chrome, Yandex Browser, dan Mozilla Firefox dan kemudian membajaknya.

“Para penyerang akan memperoleh penghasilan melalui program periklanan afiliasi, yang membayar berdasarkan jumlah lalu lintas yang dirujuk ke halaman afiliasi yang disponsorinya, ”jelas Microsoft.

Baca juga:Hati-Hati, Spam Email Semakin Berbahasa Indonesia Dengan Baik

Lalu yang membuatnya semakin berbahaya, tim keamanan Microsoft menjelaskan jika malware ini juga menggunakan skrip berbahaya yang dapat membuat browser mengunduh dengan sendirinya, melalui server yang dikendalikan oleh para pelaku kejahatan siber, untuk memasukan iklan dengan mengubah pengaturan dan komponen browser yang telah dibajak.

Untuk menangkal serangan itu, tim keamanan Microsoft sejauh ini memberi himbauan untuk tidak mengunduh file dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Kemudian Anda juga disarankan untuk menggunakan layanan antivirus untuk perlindungan. Lalu sebagai tindakan pencegahan, Anda saat ini harus menghapus instalan dan menginstal ulang browser web yang Anda gunakan sekarang.

 

Artikel Terbaru