Beranda News Social Media Dituduh Monopoli Pasar, Facebook Didesak Jual Instagram dan WhatsApp

Dituduh Monopoli Pasar, Facebook Didesak Jual Instagram dan WhatsApp

-

Jakarta, Selular.ID – Facebook mungkin terpaksa menjual Instagram dan WhatsApp setelah perusahaan dituduh menggunakan strategi predator dan dominasi pasarnya untuk merebut saingan dan pesaing yang lebih kecil.

Komisi Perdagangan Federal AS mengajukan gugatan terhadap Menlo Park, diikuti oleh gugatan lainnya, yang diajukan oleh persatuan antara 46 negara bagian, Washington DC dan Guam.

Tuntutan hukum antitrust mengatakan Facebook “menggunakan kekuatan monopolinya untuk memadamkan persaingan dengan mengorbankan pengguna sehari-hari”.

Letitia James, Jaksa Agung New York, mengatakan “sangat penting untuk memblokir akuisisi predator perusahaan ini” dan kepercayaan di pasar harus dipulihkan.

Agar Facebook mematahkan monopolinya, Facebook mungkin harus berpisah dengan dua miliknya yang paling berharga, platform media sosial yang berorientasi foto Instagram dan layanan perpesanan WhatsApp.

Yang pertama dibeli pada tahun 2012 seharga $1 miliar, sedangkan yang terakhir mengikuti pada tahun 2014 dengan harga $19 miliar yang luar biasa pada saat itu.

Facebook mengeluarkan tanggapan, menyebut tindakan pemerintah sebagai “sejarah revisionis” yang menghukum bisnis yang sukses, dan mengatakan FTC sudah mengkonfirmasi kesepakatan tersebut pada hari itu.

Raksasa media sosial mengatakan “pelanggan dapat setiap saat memilih untuk pindah ke produk atau layanan lain”; akan tetapi, sebenarnya tidak ada alternatif untuk Instagram, juga tidak ada layanan perpesanan yang sepopuler WhatsApp di seluruh dunia.

Artikel Terbaru