Beranda News Market Update Canalys: Q3-2020 Penjualan Chromebook dan Tablet Melonjak, PC Menurun

Canalys: Q3-2020 Penjualan Chromebook dan Tablet Melonjak, PC Menurun

-

Jakarta, Selular.ID – 2020 menjadi tahun di mana banyak orang harus menyesuaikan diri dengan kondisi normal baru. Kondisi ini diterjemahkan pasar dengan kebutuhan Chromebook dan iPad agar para siswa dapat terus bersekolah dari rumah, sementara orang dewasa membutuhkan perangkat yang menunjang mereka bekerja dari rumah.

Sebuah laporan baru dari Canalys menunjukkan seberapa besar lanskap pasar PC telah berubah tahun ini.

Chromebook mengalami pertumbuhan penjualan terbesar tahun ini, terjual sekitar 9,4 juta unit di Q3 dengan pertumbuhan 122% dibandingkan dengan Q3 tahun 2019.

Perangkat detachable, yakni notebook dengan keyboard yang dapat dilepas, juga mengalami pertumbuhan 88% di pasar.

Sementara itu, komputer desktop mengalami penurunan penjualan YoY, dengan penurunan -27% di workstation desktop dan penurunan desktop kecil sebesar -33%.

Chromebook dan perangkat detachable mencerminkan segmen PC dan komputer yang terjangkau dan perusahaan seperti HP dan Lenovo (yang menjual Chromebook paling banyak pada kuartal ini) meningkatkan produksi untuk memenuhi permintaan “yang diprediksi akan berlanjut dalam jangka pendek”, tulis Canalys.

Dalam tabel di atas, pengiriman “PC Seluruh Dunia” mencakup tablet, komputer, laptop, Chromebook, All-in-one, dan desktop.

Lenovo memiliki 18,9% pangsa pasar dengan 23,4 juta unit, naik 11,6% YoY. Apple membebani sekitar 22 juta pengiriman dengan pertumbuhan 40,9% YoY.

Samsung melihat pertumbuhan paling tajam dalam grafik ini dengan sekitar 10 juta unit yang dikirim, tetapi dengan pertumbuhan 86%. Pasar keseluruhan tumbuh sebesar 27%, mengirimkan 124,4 juta perangkat komputasi bergerak dan tidak bergerak pada kuartal ini.

Bagan ini hanya mewakili tablet.

Apple, Samsung, dan Huawei masing-masing menempati tiga tempat teratas. Amazon dan Lenovo menempati posisi keempat dan kelima. Samsung menjual sekitar satu juta tablet kuartal ini, tetapi Apple jauh mengunggulinya dengan sekitar 15,2 juta unit.

Setiap salah satu dari 5 penjual tablet teratas mengalami pertumbuhan di Q3 YoY dan pasar tablet secara keseluruhan mengalami pertumbuhan 43,3% dengan total sekitar 44,3 juta tablet dikirim pada kuartal ini.

Chromebook mengalami banyak pertumbuhan juga, dengan HP yang paling banyak menjual (3,2 juta unit), Lenovo, melihat pertumbuhan tertinggi pada 321,2%, mengirimkan sekitar 1,8 juta unit dibandingkan dengan hanya sekitar 397.000 tahun lalu pada kuartal yang sama.

Setiap merek mencatat pertumbuhan dalam penjualan Chromebook pada kuartal ini

“Chromebook muncul sebagai respon digital segmen pendidikan terhadap pandemi COVID-19. Ketidakpastian tentang bagaimana persyaratan sekolah akan dilanjutkan tetap menjadi yang terdepan dalam benak pendidik dalam menghadapi penguncian sekunder dan protokol terkait penanganan infeksi dalam populasi sekolah. Akibatnya, institusi beralih ke Chromebook untuk memberikan kemungkinan yang relatif ramah anggaran dan mudah dikelola untuk memastikan gangguan minimal selama tahun ajaran.

Selain itu, Chromebook telah memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen dan UKM untuk mendapatkan perangkat komputasi dasar. Meskipun produksi dan distribusi meningkat, lonjakan permintaan yang besar menyebabkan pesanan tidak terpenuhi, dan Canalys memperkirakan volume pengiriman yang tinggi akan terus berlanjut hingga awal 2021.” tulis Ishan Dutt, Analis Canalys.

Artikel Terbaru