Beranda Tips 5 Tips Agar Video Youtube Lebih Banyak Ditonton

5 Tips Agar Video Youtube Lebih Banyak Ditonton

-

Jakarta, Selular.ID – Banyak konten kreator yang berusaha secara maksimal demi mendapat banyak penonton untuk video mereka di Youtube. Dimulai dari membuat konten-konten menarik, hingga saling melakukan collabs bersama dengan kreator lainnya. Namun tahukah bagaimana tips agar konten video di Channel Youtube Kalian bisa banyak ditonton?

Wafa Taftazani, Country Strategic Partnerships Lead Youtube Indonesia melalui acara ‘Samsung Galaxy A Series Creator Workshop II’ memaparkan tips khusus yang perlu diperhatikan dalam membuat konten video. Namun, sebelum itu, dirinya mengingatkan bahwa penting untuk mengetahui apa yang diinginkan penonton, karena di Youtube semua dikembalikan kepada penonton.

Tips Video Youtube Banyak Ditonton

1. Konten Otentik

Menurut Wafa, sang kreator harus membuat konten video yang memang secara khusus didedikasikan untuk Youtube.

“Video yang memang didedikasikan untuk Youtube, seperti ada vibe-nya tersendiri ‘Oh ya ini buat Youtube. Terlihat otentik, tidak terlalu scripted, inspiring, dan edukatif. Narasi juga harus jelas.” ujarnya, Rabu (3/11).

2. Durasi Minimal 4 Menit

Dijelaskan, durasi minimal video Youtube paling tidak 4 menit. hal ini agar bisa membangun engagement dengan penonton. Wafa menambahkan, konsistensi juga sangat penting untuk menjaga hal tersebut, ketimbang seberapa sering video diunggah.

3. Optimalkan Fitur di Youtube

kemudian, ssecara sistem juga ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan kreator, mulai dari title, penggunaan thumbnail, penggunaan description hingga penggunaan fitur seperti end-screen.

“intinya adalah fitur-fitur itu bisa men-discovery Channel atau konten temen-temen, supaya nanti orang makin banyak yang nonton” ungkap Wafa.

Baca juga: Tips Aman Berbelanja Online di E-commerce

4. Balas Komentar Penonton

Dalam hal ini, Wafa mengatakan penting untuk membalas komentar penonton, atau hanya sekedar menyukainya.

“Ada beberapa hal penting lainnya juga yang harus diperhatikan, seperti misalnya balas komentar. Kalau misalnya ada yang komen jangan dicuekin, tapi dibalas, atau sekedar di-like, atau bahkan di-pin kalau memang komentarnya menarik. Itu karena penonton akan merasa bagian dari community,” jelasnya.

5. Bangun Tiga Tipe Konten

Terakhir, tetapi tak kalah pentingnya adalah tiga tipe konten. Tipe-tipe konten ini berkaitan dengan apa yang menjadi flow atau jadwal dari upload di Channel Youtube. Wafa menyebut ini sebagai 3H.

Tipe pertama adalah Hub. Konten jenis ini biasanya diunggah secara konsisten yang biasanya mirip-mirip tetapi berbeda narasumber ataupun topik, seperti Raditya Dika dengan perang makanan atau Deddy Corbuzier dengan Podcast-nya.

Kedua, ada konten ‘Always On’ alias akan relevan terus terlepas dari kapan konten tersebut diunggah.

“Jadi gak terpengaruh oleh berita atau trend. Dia (konten) akan selalu relevan” ujar Wafa.

Kemudian, ada konten Tentpole atau yang disebut ‘Hero Content’ yang biasanya memerlukan usaha lebih, seperti Collabs dengan nama-nama besar.

“Biasanya juga terkait dengan momen-momen penting tertentu, misalnya launching produk baru atau launching film baru.” jelas Wafa.

Wafa juga mengatakan, ‘Hero Content’ seperti itu akan sangat ditunggu-tunggu. Menurutnya, kunci untuk menjadi video crator yang baik adalah paling tidak bisa membangun 2 dari 3 tipe konten tadi.

“Kalau Kalian bisa membuat konten dengan 3 tipe tadi, itu luar biasa. Tetapi, biasanya kreator akan memilih 2 dari 3 konten ini.” tutup Wafa.

Buyer's Guide

Sambut Natal Dan Tahun Baru, Oppo Obral Produk Andalan...

Jakarta, Selular.ID - Di penghujung tahun 2020, konsumen bisa memboyong produk Oppo dengan potongan...

Dijual Harga Sama, Realme C15 Holiday Edition Usung Prosesor...

Jakarta, Selular.ID - Sambut liburan akhir tahun, Realme memberi kejutan dengan meluncurkan Realme C15...

7 Smartphone Oppo dengan Fast Charging Hingga 65 Watt

Jakarta, Selular.ID - Fast charging menjadi salah satu fitur yang dicari konsumen saat hendak...

Smartphone Oppo dengan Triple Camera, Harga Mulai Rp1 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Oppo termasuk vendor smartphone yang cukup aktif meramaikan pasar Indonesia, misalnya...

Rekomendasi Smartphone Rp3 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan pengguna ponsel tidak hanya pada fitur kamera saja, kapasitas memori,...

5 Smartphone Oppo Dengan Layar Punch Hole  

Jakarta, Selular.ID – Tampilan layar smartphone menjadi semakin lega sekaligus menawan berkat mengusung konsep...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait