Beranda News Mencoba ColorOS 11 di Oppo Find X2 Pro

Mencoba ColorOS 11 di Oppo Find X2 Pro

-

Jakarta, Selular.ID – ColorOS 11 menawarkan sebuah babak baru dalam UI Customization untuk membantu pengguna mewujudkan imajinasi dan meningkatkan pengalaman personalisasi mereka.

Pada pembaruan ini, para pengguna dapat menciptakan Always-On Display, tema, dan wallpaper mereka sendiri serta font, ikon, dan nada dering yang mereka inginkan. Pembaruan terbaru ini juga meningkatkan kemampuan Dark Mode dari stok Android dengan tiga skema warna dan tingkatan kontras.

Dan diksempatan Kali ini Selular.ID mencoba menjajal pembaruan ColorOS 11 di Oppo Find X2 Pro. Berikut rangkumannya.

Pilihan Wallpaper Lebih Menarik

Bagi kalian yang suka menganti-ganti wallpaper, di update ColorOS 11 ini cukup memberikan penggunanya kepuasan dalam tampilan wallpaper, karena di menu ini terdapat beragam wallpaper dengan berbagai jenis pilihan.

Untuk membuat tampilan lebih menarik, Oppo menghadirkan 10 warna dalam 5 skema di ColorOS 11. Warna tema yang dipilih dapat diterapkan ke kontrol dan ikon untuk memastikan pengalaman visual yang konsisten.

Seperti Static Wallpaper, dengan pilihan ini kalian bisa memilih wallpaper yang tetap menampilkan warna-warna cerah. Kemudian Live wallpaper, yang memperlihatkan tampilan gambar bergerak yang membuat tampilan layar kian hidup.

Dalam pengaturan personalisasi (cubit dua jari di layar untuk membuka personalisasi), pengguna kini dapat mengubah setiap aspek layar mulai dari tata letak layar beranda hingga tampilan ikon.

ColorOS 11 juga memungkinkan penggunanya menggunakan foto apa pun untuk menghasilkan wallpaper khusus dengan gaya berbeda dengan menjaga gambar dan warnanya sebagai referensi.

Nada Dering

Di ColorOS 11, pengguna dapat menciptakan nada dering sendiri. Selain bisa memilih nada dering, pengguna juga bisa mengkustom nada dering yang mereka inginkan. Seperti misalnya tempo nada dering, jenis mood dan lain sebagainya. Untuk mengkustomasi pengguna hanya perlu menggeser-geser pada menu yang tersedia.
Selain itu untuk bunyi notifikasi, kini pengguna juga bisa mendapatkan suara nada yang beragam dari notifikasi yang masuk. Sehingga pengguna tidak bosan dengan suara yang sama apalagi jika dalam jumlah yang banyak dan panjang.

Untuk menciptakan nada dering, pengguna dapat memilih lab ringtone, dan menggeser ke arah fast. Dan untuk relax, pengguna bisa memilih Oppo Relax, yang dapat membuat penggunanya lebih relax.

Fitur ini menghadirkan musik ambience yang memberikan relaksasi bagi pengguna. Beragam suara yang ditawarkan direkam langsung dari berbagai kota di seluruh dunia. Jadi pengguna bisa melakukan perjalanan “suara” untuk menjelajahi dunia lewat smartphone. Dengan Oppo relax, pengguna dapat mendengarkan bunyi debutan ombak, seperti berada di pinggir pantai, suasana malam hari, dan berbagai pilihan laiinya yang dapat di temui di ColourOS 11.

Selain itu, Oppo Relax 2.0 juga memungkinkan pengguna untuk membuat white noise mix (kombinasi suara yang menyamarkan kebisingan di lingkungan sekitar) mereka sendiri, sekaligus menawarkan beragam koleksi suara yang memikat dari berbagai kota di seluruh dunia, seperti Hongkong, Beijing, Bangkok dan Negara lainnya.

Dark Mode

Dark Mode di ColorOS 11 menawarkan tiga skema warna yang dapat dipilih pengguna.Dark Mode juga mendukung pada aplikasi-aplikasi yang bahkan belum mendukung fitur Dark Mode. Dengan ColorOS 11, pengguna sekarang memiliki opsi untuk menyesuaikan mode gelap sesuai preferensi sesukanya.

Masuk pada settingan, nantinya pengguna dapat memilih di antara tiga skema warna gelap, masing-masing dengan tingkat kontras yang berbeda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Kontras mode gelap juga dapat diatur untuk menyesuaikan secara otomatis sesuai matahari terbit dan terbenam.
Untuk mengaktifkan Dark Mode bisa diakses melalui Settings>Display & Brightness>Dark Mode>Dark Mode Settings.

Finger Translate

ColorOS 11 terintegerasi dengan fitur Google Lens. Dengan Fitur ini pengguna bisa menerjemahkan teks di aplikasi, web, dan gambar ke bahasa yang dipilih. Pengguna bisa melakukan tangkapan layar dengan gesture 3 jari untuk mengambil sebagian layar, dan langsung tehubung ke Google Translate. Pengguna juga bisa mengaksesnya melalui Smart Sidebar.

Jelasnya, jika biasanya pengguna dapat dengan mudah melakukan screenshot dengan tiga jari untuk menangkap layar. Kali ini pada ColorOS 11 yang terintegrasi dengan Google Lens, pengguna dapat dengan mudah menggunakan Google Translate hanya dengan melakukan screenshot tiga jari untuk mengambil sebagian layar atau melakukannya di dalam Smart Sidebar.

Fitur ini mengizinkan penggunanya menerjemahkan teks di aplikasi, halaman web, dan gambar dalam bahasa yang dipilih secara cepat. Bisa dibilang fitur yang satu ini cukup menarik karena memudahkan untuk menerjemahkan sesuatu dengan cepat.

Keamanan dan privasi pengguna

ColorOS 11 menggabungkan opsi privasi stock Android 11 yang baru ditambahkan, sekaligus membuat serangkaian fitur perlindungan privasi dan keamanan data tambahan. Private System, membuat sebuah sistem terpisah di mana versi kedua aplikasi dan data berjalan independen dari aslinya, dan hanya dapat diakses melalui pemindaian sidik jari atau kata sandi terpisah.

Shortcut baru pada App Lock memungkinkan pengguna mengunci aplikasi melalui kata sandi, sidik jari, atau verifikasi wajah. Sistem perizinan juga telah ditingkatkan, dengan izin sementara yang mengatur ulang kamera, mikrofon, dan akses lokasi saat aplikasi ditutup. Sementara itu, izin pengaturan ulang otomatis mengembalikan pengaturan izin aplikasi ke default jika sudah tidak digunakan dalam waktu yang lama. Untuk mencegah aplikasi berbahaya mengakses data aplikasi lain, storage restricts apps membatasi akses aplikasi ke data ponsel dan meminta izin pengguna untuk mengakses.

Super Power Saving Mode
Fitur terbaru memungkinkan pengguna untuk memilih enam aplikasi penting untuk dijalankan dalam keadaan low-battery. Selain itu, Battery Guard dapat mencegah kerusakan akibat pengisian daya yang berkepanjangan pada voltase daya yang tidak stabil, dengan mempelajari kebiasaan pengguna.

Fitur ini dengan cerdas menghentikan pengisian daya apabila sudah mencapai 80% di malam hari, sebelum melanjutkan untuk mengisi daya sampai penuh pada saat pengguna bangun.

Buyer's Guide

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Smartphone Refresh Rate 90Hz Harga Rp2 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Bagi penggemar game mobile, teknologi refresh rate sangat diperlukan supaya bisa...

Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold Meluncur di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Xiaomi kembali merilis anggota baru dari jajaran Redmi 9 Series. Perangkat...

Oppo Reno4 Pro Banting Harga

Jakarta, Selular.ID - Memasuki bulan November, dua ponsel Oppo mendapat penyesuaian harga. Baru diluncurkan...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait