Beranda News Market Update Booming Smartphone 5G, Vendor-Vendor China Diprediksi Libas Samsung dan Apple

Booming Smartphone 5G, Vendor-Vendor China Diprediksi Libas Samsung dan Apple

-

Jakarta, Selular.ID – Vendor China diperkirakan menjadi penerima manfaat utama dari adopsi cepat smartphone berkemampuan 5G di sejumlah negara terdepan, terutama di Eropa Barat pada 2021. Kondisi itu menjadi ancaman bagi dominasi Samsung dan Apple, Strategy Analytics mengungkapkan.

Perusahaan riset tersebut memperkirakan model 5G akan mendominasi penjualan ponsel pintar di Inggris, Jerman, dan Swiss pada 2021, dengan pertumbuhan pangsa pasar juga diperkirakan di Spanyol, Prancis, dan Italia.

Disebutkan bahwa ini akan membuka pintu bagi vendor China untuk menantang Samsung dan Apple, yang menurut direktur Ken Hyers saat ini “mengambil bagian terbesar” dari total penjualan ponsel cerdas.

Meningkatnya permintaan untuk 5G, bagaimanapun, akan bertindak sebagai “ganjalan” bagi vendor China, memungkinkan mereka untuk mulai meningkatkan penjualan “pada tahun 2021 dan seterusnya”, jelasnya.

Analisis strategi memperkirakan bahwa model 5G menyumbang 77 persen dari total penjualan ponsel pintar di Inggris dan Jerman pada 2021, dan mengambil 74 persen di Swiss. Sementara proporsi di Spanyol mencapai 47 persen, Italia 41 persen dan 32 persen di Prancis.

Associate director Ville-Petteri Ukonaho menjelaskan sementara AS dan China memimpin dengan “volume yang besar”, konsumen di Eropa Barat “dengan cepat mengadopsi smartphone 5G”.

Menurut penelitian Strategy Analytics, Samsung menguasai 88 persen pangsa pasar yang mengesankan dari semua smartphone 5G yang dikirim di Eropa Barat selama paruh pertama tahun 2020. Namun Apple iPhone 12, Xiaomi dan merek smartphone Cina lainnya akan menantang dominasi 5G Samsung di paruh kedua tahun 2020 tahun ini.

Menurut kajian Strategy Analytics, rekor 4 juta smartphone 5G telah dikirim di Eropa Barat selama paruh pertama tahun 2020.

Kategori 5G menyumbang 7 persen dari semua smartphone yang dikirim di Eropa Barat pada H1 2020, melonjak dari kurang dari 1 persen dari total selama Semester 1 2019. Permintaan ponsel cerdas 5G di seluruh Eropa Barat telah melonjak lebih dari 4.000 persen dalam satu tahun terakhir, tambah laporan Strategy Analytics.

Ken Hyers, menambahkan bahwa Samsung meraih 88 persen pangsa pasar yang mengesankan dari semua smartphone 5G yang dikirim di Eropa Barat selama H1 2020.

“Samsung saat ini adalah pemimpin 5G yang jelas di seluruh Eropa Barat, karena portofolio yang kuat dari model Android premium seperti Galaxy S20 5G dan A90 5G. ” kata Ken Hyers.

Bisa disimpulkan Samsung saat ini menyumbang 9 dari 10 dari semua smartphone 5G yang dikirim di Eropa Barat.

Namun, dominasi 5G Samsung akan segera berakhir pada paruh kedua tahun ini dan bulan-bulan terakhir tahun 2020.

Smartphone besutan Apple iPhone 12 5G akhirnya dijual di wilayah itu. Namun peluncurannya berbarengan dengan sejumlah model dari para pesaing, terutama vendor China yang berbiaya rendah, seperti Xiaomi dan OPPO. Tak dapat dipungkiri, saat ini perang smartphone 5G di Eropa sudah dimulai, pungkas laporan Strategy Analytics.

Buyer's Guide

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Smartphone Refresh Rate 90Hz Harga Rp2 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Bagi penggemar game mobile, teknologi refresh rate sangat diperlukan supaya bisa...

Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold Meluncur di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Xiaomi kembali merilis anggota baru dari jajaran Redmi 9 Series. Perangkat...

Oppo Reno4 Pro Banting Harga

Jakarta, Selular.ID - Memasuki bulan November, dua ponsel Oppo mendapat penyesuaian harga. Baru diluncurkan...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait