Friday, October 23, 2020
Home News Apple TV Kini Dukung Resolusi 4K

Apple TV Kini Dukung Resolusi 4K

-

Jakarta, Selular.ID – Apple melakukan pembaruan pada Apple TV. Pembaruan tersebut adalah dukungan resolusi 4K untuk Youtube dan Disney+.

Sebenarnya, Youtube telah meluncurkan dukungan 4K untuk beberapa perangkat Apple TV 4K sejak pertama kali diluncurkan, TV pintar garapan Apple ini bisa menikmati video 4K, namun tidak berlaku untuk video Youtube.

Dilaporkan Engadget, pengecualian Youtube untuk pemutaran 4K disebabkan karena aplikasi layanan streaming video ini menggunakan codec VP9 Google untuk memutar video di atas resolusi 1080 piksel. Artinya, jika Apple TV bisa ingin menikmati video 4K, maka diperlukan perangkat keras atau perangkat lunak decoding.

Pada awal tahun 2020, Apple telah mengumumkan bahwa 4K Youtube akan hadir di perangkat Apple TV 4K yang menjalankan tvOS 14. Video yang disajikan pada TV pintar ini menggunakan codec VP9 dan sudah digulirkan secara bertahap untuk semua pengguna.

Dukungan resolusi Youtube 4K pada Apple TV. pertama kali disampaikan sejumlah pengguna Reddit yang berhasil menjalankan fitur 4K di Youtube beberapa waktu lalu.

Salah satu pengguna Reddit dengan nama Vulcan_on_eart, menunjukkan Apple TV dengan tvOS 14.2. dan versi beta public tvOS 14.2.2 sudah bisa menjalankan video YouTube dengan resolusi 4K.

Baca Juga :Layanan Streaming Apple TV Kini Tersedia di TV LG

Sayangnya, meskipun sudah bisa memutar video beresolusi 4K, Apple TV masih memiliki batasan di mana hanya video 4K dengan frame rate 30fps yang bisa diputar, sementara untuk 60fps masih terbatas di resolusi yang lebih rendah seperti 2K. Selain itu, Apple TV juga tidak menampilkan pilihan pemutaran video high dynamic range (HDR).

Belum ada keterangan lebih lanjut, mengapa Apple TV belum menyempurnakan dukungan pemutaran video 4K di Youtube. Salah satu kemungkinan yang mencuat adalah Apple masih menunggu penyempurnaan 4K Youtube sampai perilisan perangkat Apple TV selanjutnya.

Latest