Rabu, Oktober 28, 2020
Beranda Tips Perhatikan 7 Langkah Saat Membeli iPhone Baru Original

Perhatikan 7 Langkah Saat Membeli iPhone Baru Original

-

Jakarta, Selular.ID – iPhone menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna ponsel, selain produknya bagus, iPhone dipercaya tidak hanya karena fungsinya, tetapi karena segi brand-nya yang eksklusif.

Dalam membeli iPhone, kini banyak tempat yang menyediakan produk iPhone. Karena itu, dalam membelinya harus hati-hati.

Berikut adalah tips untuk pembeli Phone baru, yang dirangkum dari berbagai sumber:

1.Cek Toko atau Tempat Jual
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah toko atau tempat di mana membeli produk iPhone. Sangat disarankan untuk membeli produk iPhone di toko Apple yang resmi yang akan menjamin mendapatkan produk yang asli. Untuk toko lainnya, alangkah baiknya membelinya di toko-toko yang merupakan authorized reseller untuk produk Apple.

2.Kondisi Box dan Perangkat

Jika membelinya tidak di toko resmi Apple, maka harus mengecek kondisi box terlebih dahulu. Perhatikan secara seksama setiap sudut box apakah terdapat cacat atau kerusakan. Selain itu, perhatikan juga kondisi perangkatnya dengan seksama.

3.Cek IMEI

Periksa IMEI iPhone yang biasanya terdapat di bagian belakang box-nya. Kemudian masukan IMEI tersebut di web Apple untuk mengetahui keaslian iPhone tersebut di https://selfsolve.apple.com/agreemen…antyDynamic.do

Jika iPhone yang dibeli belum diaktifkan, maka pada saat memasukkan IMEI pada situs tersebut akan tercantum “Please Activate Your iPhone”. Artinya, iPhone tersebut benar-benar baru dan belum pernah dibuka dari box.

Namun, jika iPhone tersebut tercantum informasi kapan garansinya akan berakhir, maka iPhone tersebut sebelumnya sudah pernah diaktifkan.

Cocokkan pula IMEI yang ada di bagian belakang box iPhone dengan IMEI pada iPhone. Caranya, buka Settings > General > About.

Apabila informasi di iPhone dan di box sesuai, maka silahkan Anda beli iPhone tersebut.

4. Cek Kondisi iPhone

Lakukan pengecekan secara detail semua fungsi iPhone yang ingin dibeli, mulai dari touch screen, kamera, suara, tombol Home dan Volume, dan lainnya.

Cobalah untuk mengakses aplikasi App Store. Apabila saat membuka aplikasi tersebut dan yang terbuka adalah Google Play, maka bisa dipastikan iPhone tersebut adalah iPhone palsu.

5. Cek iPhone Dengan iTunes

Hal penting lainnya yang perlu di perhatikan adalah mengecek iPhone ke iTunes. Hal ini bertujuan untuk mengecek apakah Serial Number dan IMEI iPhone terdeteksi oleh iTunes atau tidak. Jika iya, cek kembali dengan informasi yang ada IMEI di iPhone, apakah sesuai atau tidak.

Apabila tidak sesuai, kalian harus bertanya kepada penjual dan meminta untuk menggantinya dengan unit yang lain.

6. Cek Kode Negara di Box iPhone

Untuk masalah garansi, iPhone tidak menyediakan garansi secara internasional, karena hanya ada garansi regional. Maksudnya, iPhone yang dibeli hanya bisa di claim garansinya pada negara di mana iPhone tersebut dikeluarkan.

Baca Juga :Pembelian iPhone Secara Online Mulai Dibatasi

Untuk mengetahui iPhone berasal dari negara mana, bisa dilihat di bagian belakang kiri bawah box :
PA/A : Indonesia.
Jika membeli iPhone dari negara lain, tanyakanlah ke seller apakah dia bisa membantu untuk claim garansi atau tidak, dan berapa lama prosesnya.

7.Perhatikan Membeli iPhone Offline Atau Online
Membeli secara langsung tentu memiliki keuntungan tersendiri, yaitu bisa mengecek barang secara langsung dan mendapat kepastian langsung dalam pembelian serta produknya.

Sedangkan apabila secara online, alangkah baik apabila membelinya di toko online yang merupakan authorized reseller untuk produk Apple, atau toko online tersebut memiliki reputasi yang baik. Bacalah testimonial dan review pada toko online tersebut untuk mengetahui bagaimana riwayat toko tersebut. Pilihlah toko online yang memiliki reputasi yang baik. Selain itu, tanyakan dan pastikan kejelasan informasi terkait produk iPhone yang akan dibeli. Informasi ini tentu terkait garansi resmi. Apabila produk yang dijual adalah produk baru, tentu akan mendapatkan garansi resmi dari Apple terkait produk tersebut.

Latest