Thursday, September 24, 2020
Home News Mozilla Lakukan Pembaruan Firefox Versi Android

Mozilla Lakukan Pembaruan Firefox Versi Android

-

Jakarta, Selular.ID – Mozilla melakukan pembaruan untuk aplikasi Firefox di Android, penambahan fitur di Firefox versi Android diambil dari tampilan desktop, sehingga memberikan pengalaman yang lebih lancar dari sebelumnya.

Menurut Mozilla, perubahan ini dilakukan untuk mengakomodasi kemudahan penggunaan sebab layar smartphone yang kini makin besar.

Selain itu, menurut Mozilla, pembaruan ini dinamakan Firefox Daylight karena menandai awal yang baru untuk browser Android.  Salah satu perubahan yang paling terlihat adalah posisi URL bar, yang kini berada di bagian bawah layar.

Kendati sudah berubah, pengguna masih dimungkinkan untuk mengubah posisi URL bar ke sisi atas layar. Sementara untuk fitur utama yang dihadirkan Mozilla kali ini adalah Enchanced Tracking.

Karena Firefox berorientasi pada privasi, fitur Tracking Protection yang ditingkatkan, perusahaan tersebut telah menerapkan di aplikasi ini juga. Ada tiga pilihan yakni Standard, Strict and Custom.

Fitur serupa lainnya adalah opsi untuk membuka tautan di tab pribadi. Firefox Android kini juga mendapatkan fitur picture-in-picture, peralihan yang disederhanakan antara pilihan mode Light dan Dark, serta peningkatan kinerja secara umum.

Diketahui, Firefox Android terkenal juga karena mendukung add-on, tidak seperti Chrome untuk platform OS Google. Dukungan untuk add-on ini juga telah ditingkatkan, dan memungkinkan untuk menyesuaikan browser dengan menginstal kata sandi dan pengelola unduhan yang berbeda.

Tidak hanya itu, Mozilla juga mengintegrasikan sejumlah fitur yang ada di Firefox Focus bagi pengguna yang memakai mode privat. Lalu, ada pula fitur Collections yang memudahkan mengguna menyimpan dan mengatur situs web yang akan dikunjungi nanti.

Baca Juga :Mozilla VPN Diluncurkan, Tersedia di Windows, iOS dan Android

Sebagai tambahan, Firefox versi Android ini juga mendapat peningkatan fungsi tambahan dari pihak ketiga. Jadi, sejumlah add-on yang sebelumnya belum optimal untuk versi mobile, kini sudah ditingkatkan.

Beberapa fitur lain yang juga tersedia adalah dark mode dan dukungan picture-in-picture untuk pemutaran video. Pembaruan ini sudah digulirkan untuk seluruh pengguna mulai hari ini, kecuali untuk Amerika Utara, pembaruan baru akan rilis pada pada 27 Agustus.

Namun sayangnya, versi baru Firefox untuk Android baru diluncurkan secara luas untuk pengguna di Eropa mulai hari ini dan akan diluncurkan untuk pengguna di Amerika Utara pada hari Kamis besok. Itu artinya, pembaruan ini belum dapat dinikmati oleh pengguna di beberapa negara.

Latest