Tuesday, July 14, 2020
       
Home Apps Program Terus Usaha, Grab Bantu UMKM Indonesia Hadapi New Normal

Program Terus Usaha, Grab Bantu UMKM Indonesia Hadapi New Normal

-

Jakarta, Selular.ID – Grab Indonesia meluncurkan program yang didedikasikan untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Program Terus Usaha dikenalkan, agar UMKM dapat beradaptasi dan berkembang di era tatanan baru pasca covid-19.

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia menjelaskan, bisnis kecil merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, namun 87% dari mereka masih offline. Dengan situasi dunia yang semakin bergantung pada kemampuan digital, mereka harus merangkul teknologi dan melakukan digitalisasi atau mereka akan tertinggal.

Program Terus Usaha adalah bagian dari komitmen GrabForGood yang bertujuan untuk memberikan akses teknologi, peningkatan keterampilan, dan layanan digital.

Program ini dijelaskan Ridzki, mencakup berbagai inisiatif akselerasi khusus untuk melatih dan meningkatkan keterampilan UMKM, serta iklan gratis untuk membantu mereka meningkatkan visibilitas secara online sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Grab juga meluncurkan microsite yang dirancang khusus bagi UMKM untuk memberikan tips dan juga pengetahuan lainnya agar mereka dapat mengembangkan bisnisnya.

“Program ini memperkuat kerja sama Grab dan pemerintah untuk menjawab tantangan Covid-19 yang tengah berjalan, sekaligus mendukung program #BanggaBuatanIndonesia,”tutur Ridzki, dalam Media Brifing Online, di Jakarta (30/06/2020).

Dikatakan Ridzki, Grab akan meluncurkan berbagai inisiatif dalam 6 bulan ke depan untuk membantu UMKM yakni:

  1. Meningkatkan Visibilitas dan Permintaan untuk UMKM

Grab akan membantu puluhan ribu UMKM untuk meningkatkan visibilitas online dan meningkatkan penjualan melalui penyediaan iklan gratis khusus pada laman utama aplikasi. Grab juga akan memberikan ruang untuk beriklan di media sosial dan saluran digital Grab, serta influencer media sosial yang bekerja sama dengan Grab. Grab akan menanggung biaya dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat materi pemasaran ini.

2. Memberikan Pelatihan Keterampilan dan Pertumbuhan bagi Bisnis Kecil

Peserta terpilih akan mengikuti program pelatihan selama 2,5 bulan yang difokuskan pada:

Business Assessment: Fokus pada topik seperti legalitas, pemasaran, literasi keuangan, hingga daya saing produk
Product Review: Sesi bagi para ahli untuk menilai produk dan rencana bisnis dari para peserta
Konsultasi: Sesi untuk mendiskusikan berbagai topik seputar ekspansi pasar, pengelolaan sumber daya, modal, dan bantuan bisnis.

3. Menciptakan Kesempatan Pendapatan Baru Bagi Mereka yang Membutuhkan

Grab juga menghadirkan inisiatif untuk membantu masyarakat yang mata pencahariannya terdampak akibat covid-19, untuk bergabung sebagai agen individu GrabKios. Mereka bisa menawarkan produk finansial dan digital seperti pengiriman uang, pembelian produk asuransi mikro, pembayaran tagihan, dan pulsa melalui aplikasi GrabKios kepada komunitas sekitar mereka.

4. Bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk digitaliasi bisnis tradisional

Grab semakin memperkuat kerja sama dengan pemerintah daerah untuk mendorong masuknya bisnis tradisional ke ekonomi digital.

Sementara Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia menekankan pentingnya kerja sama antara sektor swasta dan sektor publik dalam membantu Indonesia melalui masa pandemi.

Diungkapkan Covid-19 memiliki dampak yang signifikan bagi kehidupan dan mata pencaharian masyarakat Indonesia. Dibutuhkan kerja sama yang solid dan partisipasi dari seluruh elemen bangsa ini untuk bergerak maju dan bangkit sebagai kesatuan. Setiap individu harus memainkan peran mereka dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah diberlakukan. Sektor swasta juga dapat memainkan peran penting dalam mendukung pemulihan ekonomi.

“Digitalisasi saat ini menjadi semakin penting daripada sebelumnya, dan saya senang Grab mengambil peran untuk mendukung Indonesia dalam perjalanan itu,” Tutup Airlangga Hartarto.

Latest