Saturday, August 15, 2020
       
Home News Telco Enggan Beralih ke 5G, Pengguna Smartphone Ancam Operator Selular

Enggan Beralih ke 5G, Pengguna Smartphone Ancam Operator Selular

-

Jakarta, Selular.ID – Lebih dari 50 persen pemilik smartphone mengatakan bahwa mereka memiliki keinginan mengganti operator seluler jika operator yang digunakan saat ini tidak menawarkan 5G dalam kurun 12 bulan mendatang.

Hal tersebut terungkap dalam laporan terbaru yang dirilis oleh Nokia dalam riset terbarunya yang menyoroti Akses Nirkabel Tetap atau Fixed Wireless Access (FWA) 5G sebagai use case 5G.

Survey tersebut dilakukan oleh Parks Associates terhadap 3,000 orang di United Kingdom (UK), United States (US) dan Korea Selatan.

Berdasarkan hasil riset Nokia tersebut, 76 persen dari total responden menyatakan FWA sebagai use case yang paling menarik secara keseluruhan, dengan 66 persen mengakui bahwa mereka akan berlangganan FWA 5G jika biayanya sama dengan layanan broadband yang digunakan saat ini dan memiliki kualitas jaringan yang sama atau lebih baik. Tentunya, lebih banyak pelanggan akan berlangganan jika harga yang ditawarkan lebih murah.

Saat ini, 41 persen responden hanya bisa menggunakan satu penyedia layanan broadband dan banyak responden yang mengeluhkan kurangnya pilihan yang mereka miliki. Ini menunjukkan bahwa operator seluler memiliki peluang menawarkan FWA sebagai alternatif layanan broadband tradisional.

Lebih luas lagi, berdasarkan hasi riset, pandangan pelanggan terhadap 5G di masa mendatang sangat positif. Meskipun pengetahuan dan pemahaman pelanggan tentang 5G saat ini masih cukup rendah, yaitu setengah dari pelanggan mengaku memiliki pengetahuan tentang 5G, dan ketertarikan terhadap 5G meningkat dengan adanya edukasi.

Delapan puluh persen dari responden yang memahami 5G mengakui bahwa 5G merupakan hal yang menarik, dibandingkan 23 persen yang tidak memahami 5G. Lebih jauh lagi, lebih dari 50 persen pemilik smartphone mengatakan bahwa mereka memiliki keinginan mengganti operator seluler jika operator yang digunakan saat ini tidak menawarkan 5G dalam kurun 12 bulan mendatang.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest