Monday, October 26, 2020
Home News Market Update Top 10 Vendor Smartphone Global Q1-2020

Top 10 Vendor Smartphone Global Q1-2020

-

Jakarta, Selular.ID – Pasar smartphone global anjlok 13% pada kuartal pertama menjadi di bawah 300 juta unit untuk pertama kalinya dalam enam tahun.

Counterpoint Research mengaitkannya dengan pandemi COVID-19. Padahal pasar tengah pulih pada akhir 2019, dan sangat mempengaruhi permintaan di Tiongkok.

Samsung

Samsung terus memimpin pasar ponsel global selama delapan tahun setelah mewarisi gelar nomor satu dari Nokia. Antara Januari dan Maret 2020, raksasa Korea Selatan mengirim 51 juta perangkat dan menyumbang 20% ​​dari pasar.

Kendati terlihat mengesankan, tetapi angka itu mewakili penurunan tajam 18% dari kuartal tahun lalu ketika Samsung melaporkan 71 juta penjualan smartphone dan pangsa pasar 21%.

Meskipun tidak ditentukan oleh Counterpoint, penurunan ini diyakini sebagian terkait dengan peluncuran seri Galaxy S20. Flagship baru itu kurang diserap dengan baik karena harganya tinggi, dan diperparah dengan terpaan pandemi.

Counterpoint percaya bahwa segmen smartphone kelas bawah akan sangat terpengaruh oleh pandemi tahun ini. Samsung sangat bergantung pada pasar ini untuk volume penjualan, faktor lain yang berperan dalam penurunan.

Huawei

Meskipun hambatan pandemi COVID-19 dan larangan perdagangan AS yang sedang berlangsung, Huawei berhasil menyelesaikan kuartal di tempat kedua di belakang Samsung.

Perusahaan mengirimkan 49 juta smartphone selama kuartal ini berkat peningkatan yang tidak terduga di China, yang membantu sedikit mengimbangi penurunan penjualan internasional.

Sayangnya, penjualan masih turun 17,1% tahun-ke-tahun, sedikit lebih tinggi dari rata-rata industri. Sisi baiknya adalah pangsa pasarnya tetap stabil di 17%.

Lebih dari setengah pengiriman smartphone untuk Huawei sekarang berasal dari China dan, meskipun perusahaan diperkirakan akan tetap kuat di kawasan ini untuk bergerak maju, penurunan yang lebih besar diperkirakan terjadi pada kuartal kedua karena runtuhnya permintaan di Eropa dan melemahnya minat terhadap produk-produk baru Huawei.

Apple

Apple tampil relatif baik sepanjang kuartal ini berkat Januari yang sangat kuat di China dan penjualan yang lebih tinggi di tempat lain sebelum pandemi mempengaruhi permintaan di seluruh Eropa dan AS pada akhir Maret.

Perusahaan yang dipimpin Tim Cook dilaporkan mengirimkan 40 juta unit iPhone selama periode tiga bulan, turun 5% dari 42 juta unit yang dikirimkannya dua belas bulan sebelumnya. Sesuai konfirmasi Apple sendiri, pendapatan iPhone turun 7% untuk periode yang sama.

Penurunan penjualan yang kecil justru menyebabkan peningkatan pangsa pasar dari 12% menjadi 14% untuk kuartal tersebut. Jika permintaan untuk iPhone SE kuat dan Huawei mengalami penurunan besar lagi di kuartal kedua, Apple bisa mendapatkan kembali gelar nomor dua.

Finger Print Redmi Note 8 Pro, Perbedaan Realme XT danRedmi Note 8 Pro

Xiaomi dan Realme

Menyusul di tempat keempat dan ketujuh masing-masing adalah Xiaomi dan Realme. Kedua produsen melaporkan pertumbuhan meskipun pandemi global memyergap, berkat kinerja yang kuat di India.

Xiaomi tumbuh 7% YoY menjadi 29,7 juta pengiriman smartphone dan pangsa pasar 10%. Realme, di sisi lain, mengalami pertumbuhan eksplosif 157% yang menyebabkan pengiriman 7,2 juta unit dan pangsa pasar 2%.

Mengisi celah antara Xiaomi dan Realme adalah Oppo dan Vivo. Dua perusahaan ini mengirimkan 22,3 juta, turun 12%, dan 21,6 juta, turun 9,6%, dan keduanya menyumbang 8% dari pasar global.

Motorola dan LG

Melengkapi daftar Top 10 adalah Motorola milik Lenovo dan LG. Yang pertama mengirimkan 6 juta unit dan menyumbang 2% dari pasar smartphone global, turun dari 9,5 juta dan 3% setahun sebelumnya, sedangkan LG menjual 5 juta perangkat dan memegang pangsa pasar 2%, turun dari 6,5 juta unit di Q1 2019.

Kecuali situasi mereka membaik, kedua produsen segera bisa keluar dari 10 besar dan terdegradasi ke kategori ‘lain-lain’ seperti Sony dan HTC.

Latest