Saturday, May 30, 2020
Home News Security Terungkap, 267 Juta Data Pengguna Facebook Dijual Hanya Rp9,2 Juta

Terungkap, 267 Juta Data Pengguna Facebook Dijual Hanya Rp9,2 Juta

-

Jakarta, Selular.ID – Penyalahgunaan data pribadi pengguna kembali terjadi. Menurut laporan, telah ditemukan 267 juta data pengguna Facebook yang dijual secara ilegal.

Ratusan juta data pribadi pengguna Facebook tersebut dijual dengan harga cuma Rp9,2 juta yang dijajakan pada dark web. Hal ini dilaporkan oleh situs khusus Bleeping Computer, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Sabtu (25/4).

Data pengguna facebook yang dijual Rp9 juta

Menurut laporan, mayoritas informasi pribadi itu berasal dari pengguna Facebook di Amerika Serikat (AS), mencakup nama lengkap, surat elektronik, tanggal lahir, bahkan memuat nomor telepon.

Bob Diachenko, selaku peneliti yang melaporkan temuan itu, mengatakan “(saya) menemukan data yang dijual oleh hacker di dark web lewat Facebook API.”

Baca juga: Facebook Rilis Messenger Kids di Indonesia

Namun, pada akhirnya ratusan juta data pribadi pengguna Facebook itu dibeli oleh Cyble.  Mereka beralasan agar tak ada Hacker yang mengakses akun-akun Facebook dengan data tersebut.

Informasi yang memuat data pribadi pengguna ini sangat bernilai bagi Hacker, terutama bagi mereka yang berspesialisasi dalam phishing. Misalnya memungkinkan mereka untuk mengekstrak data pribadi dari pengguna, dengan bertindak sebagai badan resmi.

Insiden ini merupakan kali kedua selama pandemi berlangsung. Sebelumnya, laporan penyalahgunaan data pribadi juga terjadi pada 530 ribu akun pengguna Zoom yang dijual secara ilegal di dark web.

TERBARU

IdeaHub, Papan Tulis Cerdas Besutan Huawei

Jakarta, Selular.ID - Huawei meluncurkan white board pintar dalam seri IdeaHub generasi terbaru, yakni...

Zilingo Berikan Kado Spesial Lebaran Untuk Dunia Pendidikan

Jakarta, Selular.ID - Zilingo dan platform penggalangan dana BenihBaik.com bekerja sama, menghadirkan program penyaluran...

Gelar Acara 5 Juni, Sony Rilis PS 5?

Jakarta, Selular.ID - Usai cukup lama bungkam, Sony akhirnya mengumumkan bakal menggelar acara pada...

Latest