Ini Wujud Baru Joystick Playstation 5

Dualsense Playstation 5, Kontroler, joystick Playstation 5

Jakarta, Selular.ID – Selangkah lebih maju, Sony justru memperkenalkan joystick generasi baru lebih dulu dibandingkan dengan perangkat Playstation 5 yang belum jelas wujudnya.

Perangkat bernama Dualsense milik Sony itu dikemas dengan balutan warna putih. Menariknya, DualSense tampak berbeda dari bentuk kontroler sebelumnya, tentu berkat desain dan fitur baru.

Melansir dari laman PlayStation blog, Rabu (8/4), DualSense hadir dengan haptic feedback sebagai pengganti dari teknologi rumble/getar pada kontroler lama.

Lebih lanjut, Dualsense juga dibekali dengan adaptive triggers. Adapun fitur ini dapat menyesuaikan resisensi tombol untuk efek yang berbeda dari masing-masing gim yang dimainkan dan gameplay yang berbeda.

Perusahaan juga menyematkan sebuah mikrofon ke dalam DualSense. Sebagai informasi, ini adalah kali pertama bagi Sony dalam memasang sebuah mikrofon dalam sebuah kontroler bersama dengan port USB Type C.

Selain itu, perubahan lainnya dapat dilihat pada tombol ‘Share’ yang berubah menjadi ‘Create’. Kabarnya, tombol tersebut akan menawarkan cara baru bagi gamer sebagai content creator di dunia. Tak hanya itu, Sejumlah tombol lain pada DualSense juga mengalami perubahan, seperti tombol PlayStation yang kini berbentuk logo PS, dan letak triggers yang lebih miring ke arah dalam.

Khusus harganya, Sony belum mengungkapkan berapa, tetapi bisa mengacu pada kontroler Dualshock sebelumnya yang dibanderol 59,9 dolar AS atau setara Rp975 ribu. Sony berjanji ke depannya bakal lebih banyak detil yang diungkap, termasuk kemungkinan harga yang bakal ditawarkan.