Sunday, July 12, 2020
Home Apps Apple dan Google Kolaborasi Bangun Teknologi Pelacak Covid-19

Apple dan Google Kolaborasi Bangun Teknologi Pelacak Covid-19

-

Jakarta, Selular.ID – Apple dan Google berkolaborasi dalam menangani Covid-19. Kedua perusahaan bakal membangun teknologi pelacakan kontak dengan memanfaatkan koneksi Bluetooth dari perangkat.

Kebijakan ini diambil dua induk raksasa teknologi tersebut guna membantu lembaga kesehatan dan pemerintah dalam memperlambat penyebaran pandemi. Mengingat, pasien pandemi Covid-19 dapat terjangkit dalam jarak tertentu, maka pelacakan kontak dianggap cukup efektif dalam hal ini, sebagaimana dilansir dari the Verge, Minggu (12/3).

“Untuk melanjutkannya, Apple dan Google akan meluncurkan solusi komprehensif yang mencakup Application Programming Interfaces (API), dan teknologi setingkat sistem operasi untuk membantu menghadirkan pelacakan kontak,” tulis Apple dan Google dalam keterangan resmi.

Baca juga: Tidak Aman, Google Larang Karyawannya Pakai Zoom

Meskipun begitu, Apple dan Google menekankan tetap melindungi privasi pengguna, dengan dalih tak melacak data GPS karena hanya memanfaatkan koneksi Bluetooth. Rencananya, aplikasi berbasis API bakal tiba pada Mei mendatang.

Namun, dalam beberapa bulan mendatang kedua perusahaan memiliki rencana lain, yakni akan bekerja untuk mengaktifkan platform pelacakan kontak berbasis Bluetooth lebih luas dengan membangun fungsi ini ke dalam underlying platform.

“Ini adalah solusi lebih kuat daripada API, dan akan membuat lebih banyak orang berpartisipasi, jika mereka memilih ikut serta, dan memungkinkan interaksi dengan ekosistem lebih luas dari berbagai aplikasi dan otoritas kesehatan pemerintah,” tulis kedua perusahaan.

“Kami berharap dapat membangun fungsi ini melalui konsultasi dengan berbagai pemangku kepentingan yang tertarik. Kami secara terbuka mempublikasikan informasi tentang pekerjaan kami agar bisa dianalisis oleh yang lain,” sambung pernyataan tersebut.

Latest