Beranda News Feature Xiaomi Berharap Cetak Rebound di Pasar Smartphone

Xiaomi Berharap Cetak Rebound di Pasar Smartphone

-

Jakarta, Selular.ID – Para eksekutif Xiaomi menyatakan optimisme bahwa penjualan ponsel pintar global akan mengikuti jejak China yang diprediksi akan pulih dalam waktu cepat setelah wabah Covid-19 (coronavirus) melanda negara itu.

Presiden Xiaomi Wang Xiang, pada paparan pendapatan perusahaan, mengakui bahwa produksi dan permintaan smartphone di China menurun sepanjang Februari lalu, ketika pandemi memaksa bisnis di seluruh negeri untuk tutup.

Namun, ia mengatakan keduanya telah mengalami “rebound yang sangat kuat”, antara 80 persen dan 90 persen dari level normal pada 31 Maret.

Xiaomi pun membuka kembali sebagian besar lokasi ritelnya di China pada awal April ini, dengan mendorong kembali penjualan secara online.

Wang mengatakan Xiaomi merasakan dampak wabah Covid-19 di pasar global lainnya di Q2, yang akan membuat kinerja tak sebaik tahun sebelumnya. Tetapi “permintaan kemungkinan akan ditunda ketimbang hilang”.

“Berdasarkan pengalaman di China, permintaan smartphone tetap tangguh dan akan pulih secara global,” katanya, seraya menambahkan “kami tetap percaya diri untuk sisa tahun ini”, ujar Wang.

Dia mengulangi rencana untuk “secara agresif” mempromosikan jajaran perangkat 5G-nya sepanjang 2020, dan membiarkan inventaris perangkat 4G berkurang menjadi nol sebagai bagian dari strategi.

Dibandingkan 2018, kinerja Xiaomi pada tahun lalu terbilang menurun. Laba bersih sepanjang 2019 anjlok hingga 25 persen tahun-ke-tahun menjadi CNY10,1 miliar ($ 1,4 miliar), meski pendapatan mencapai CNY205,8 miliar, naik 17,7 persen.

Chairman dan CEO Xiaomi Lei Jun dalam sebuah pernyataan mengatakan, bahwa perusahaan mampu mengatasi “badai akibat perang dagang Tiongkok-AS dan penurunan ekonomi global” untuk melewati tanda pendapatan CNY200 miliar untuk pertama kalinya.

Pengiriman smartphone mencapai 124,6 juta unit (naik dari 118,7 juta pada 2018), dengan bisnis menghasilkan pendapatan CNY122,1 miliar, naik 7,3 persen. IoT dan unit produk gaya hidupnya meningkatkan pendapatan 41,7 persen menjadi CNY62,1 miliar, dengan layanan Internet 24,4 persen lebih tinggi pada CNY19,8 miliar.

Tren di Q4-2019 mencerminkan tahun penuh, dengan laba turun 28,2 persen menjadi CNY2,4 miliar, dan pendapatan naik 27,1 persen menjadi CNY56,47 miliar.

Buyer's Guide

Rekomendasi Smartphone Rp3 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan pengguna ponsel tidak hanya pada fitur kamera saja, kapasitas memori,...

5 Smartphone Oppo Dengan Layar Punch Hole  

Jakarta, Selular.ID – Tampilan layar smartphone menjadi semakin lega sekaligus menawan berkat mengusung konsep...

Oppo A15 Usung 3 Kamera, Harga Rp1 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Oppo secara resmi meluncurkan perangkat A15 di Indonesia. Oppo A15 tampil...

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Artikel Terbaru

Kategori Terkait