Saturday, August 15, 2020
       
Home News Nyoba Akses Ruangguru dan Zoom Pakai Smartfren 1ON+ Jadi Lancar

Nyoba Akses Ruangguru dan Zoom Pakai Smartfren 1ON+ Jadi Lancar

-

Jakarta, Selular.ID – Smartfren telah meluncurkan Kartu Perdana 1ON+ guna mendukung program pemerintah untuk bekerja dan belajar dari rumah.

Kartu perdana yang dibanderol dengan harga Rp20 ribu ini memiliki masa aktif selama 365 hari tanpa harus top-up pulsa. Selain itu, benefit kartu perdana Smartfren 1ON+ adalah kuota 0,5GB setiap bulannya selama 6 bulan dengan total kuota 3GB.

Kartu Perdana 1ON+ ini sangat cocok di kantong pelajar yang biasanya mengisi ulang pulsanya secara mingguan sesuai dengan uang jajan mereka. Dan sesuai pelajar yang saat ini harus belajar di rumah, pasalnya, mereka butuh kuota lebih.

Test Kecepatan Jaringan Smartfren

smartfren

Sebelum mengakses aplikasi Zoom dan Ruang Guru, kami mencoba untuk menguji kecepatan jaringan. Di daerah Jakarta dan sekitarnya, kecepatan jaringan Smartfren terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan teleconference maupun streaming video.

Berdasarkan hasil test menggunakan aplikasi Speedtest by Ookla, jaringan Smartfren mendapatkan skor download 17.6 Mbps dan upload 1.41 Mbps. Sementara, nilai PING (Packet Internet Gopher) mendapatkan 23 ms dan Jitter 5 ms.

Akses Ruangguru dengan Smartfren 1ON+

ruangguru

Pengujian ini dilakukan dengan beberapa resolusi. Terdapat  tiga resolusi video di Ruang Guru, 480p, 720p dan 720p Pada resolusi tertinggi pun tidak terdapat indikasi buffering.

Dari ketiga resolusi tersebut, jaringan Smartfren sepertinya mampu memberikan kestabilan dan kelancaran untuk streaming video tanpa hambatan.

Baca juga: Smartfren Beri Gratis 30GB Akses Ruangguru

Perlu dicatat, jika batas kuota maksimal (FUP) sudah tercpai, kami sarankan untuk menurunkan kualitas resolusi video ke 480p agar pengalaman menonton lebih nyaman.

ruangguru dan smartfren

Dengan menggunakan kartu perdana Smartfren 1ON+, streaming video di aplikasi Ruang Guru cukup bagus. Tidak ditemukan indikasi buffering dibeberapa percobaan. Sehingga tidak akan mengganggu aktivitas belajar para siswa.

Telemeeting di Zoom menggunakan Smartfren 1ON+

Cloud Smartfren

Pengujian selanjutnya menggunakan aplikasi teleconference Zoom. Kami mencoba menggunakan untuk meeting selama kurang lebih 35 menit. Hasilnya, jaringan Smartfren dapat diandalkan, meskipun pada jam sibuk.

Tidak ditemukan indikasi buffering saat teleconference berlangsung. Pada saat sudah mencapai batas maksimal (FUP) masih bisa berlanjut,  hanya sajaa sedikit mengalami penurunan kecepatan namun tidak mengganggu aktivitas meeting. Paket ruangguru dapat dibeli di aplikasi MySmartfren.

Baca juga: Gandeng Zoom, Smartfren Business Luncurkan Konferensi Berbasis Cloud

Seperti diketahui, Smartfren OneTouch Unified Conferencing, tidak hanya memungkinkan perusahaan untuk mengalihkan infrastruktur komunikasi mereka ke cloud, tetapi juga melakukannya dengan proses yang cepat dan investasi yang rendah karena dapat diakses dari berbagai perangkat yang sudah dimiliki oleh organisasi atau karyawan itu sendiri termasuk ponsel, tablet, PC, dan dapat diintegrasikan ke telepon dan perangkat konferensi konvensional. Akun perusahaan besar juga diaktifkan dalam 24 jam oleh tim Bisnis Smartfren

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest