Beranda Apps WeChat Sensor Kata Kunci Terkait Virus Corona

WeChat Sensor Kata Kunci Terkait Virus Corona

-

Jakarta, Selular. ID – Sejak 1 Januari, riset Citizen Lab, dari University of Toronto, Kanada, menemukan aplikasi pesan WeChat, yang telah menyensor kata kunci mengenai virus Corona.

Kelompok itu menuliskan percakapan obrolan kelompok dan mengirimkannya ke tiga akun WeChat yang diuji, dua di Kanada dan satu di China.

Hasilnya, mereka menemukan 132 kombinasi kata kunci disensor pada bulan Januari, tapi angka itu naik menjadi 516 kata kunci pada pekan kedua Februari.

Sensor ini telah dilakukan sejak awal Januari lalu. Di mana waktunya bersamaan dengan kemunculan laporan awal tentang virus Corona di Kota Wuhan.

Percakapan tersebut berisi teks dan artikel berita yang dikirim dari akun WeChat di Kanada. Mereka kemudian memantau chat mana yang tidak diterima oleh akun WeChat di China.

Dilaporkan The Verge, kelompok tersebut selain menemukan kata kunci, mereka juga mendapati informasi faktual yang disensor tentang penyakit ini.

Seperti referensi kebijakan epidemi pemerintah, dan nama Li Wenliang, seorang dokter yang berada di antara yang paling awal memperingatkan penduduk tentang penyakit tersebut.

Li tertular saat merawat pasien virus corona dan meninggal pada 7 Februari. Kisahnya menimbulkan kemarahan publik terhadap penanganan pemerintah terhadap virus corona.

Selain itu, platform live streaming Cina populer YY juga menyensor konten virus Corona.

Aplikasi YY mirip dengan Twitch atau Mixer, 45 kata kunci ditambahkan ke daftar hitam pada tanggal 31 Desember 2019, lima dari kata kunci tersebut dihapus pada 10 Februari, dan ditemukan Citizen Lab.

Tidak jelas mengapa kedua perusahaan memutuskan untuk menyensor kata kunci tentang virus Corona, meskipun mungkin mereka diperintahkan oleh pemerintah China.

Baca Juga :Langgar Privasi, WeChat Batasi Pengiriman Video ini

WeChat memiliki hubungan dekat dengan pemerintah China, dan pemerintah telah menggunakan WeChat dan Twitter untuk melacak orang yang berbagi informasi negatif virus itu.

“Sensor ini sangat merusak karena WeChat adalah bagian penting dari kehidupan banyak orang China,” ujar David Jacobson, profesor strategi bisnis global di CU School of Business SMU dan seorang profesor tamu di Universitas Tsinghua di Beijing.

Buyer's Guide

5 Smartphone Oppo Dengan Layar Punch Hole  

Jakarta, Selular.ID – Tampilan layar smartphone menjadi semakin lega sekaligus menawan berkat mengusung konsep...

Oppo A15 Usung 3 Kamera, Harga Rp1 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Oppo secara resmi meluncurkan perangkat A15 di Indonesia. Oppo A15 tampil...

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Smartphone Refresh Rate 90Hz Harga Rp2 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Bagi penggemar game mobile, teknologi refresh rate sangat diperlukan supaya bisa...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait