Wednesday, May 27, 2020
Home Tips Tips Mengatasi Kebosanan saat Belajar dari Rumah

Tips Mengatasi Kebosanan saat Belajar dari Rumah

-

Jakarta, Selular.ID – Kebijakan belajar dari rumah untuk mencegah penyebaran virus covid-19 mewajibkan para siswa melakukan kegiatan belajar secara online untuk menerima tugas yang diberikan oleh guru maupun mengumpulkan tugas yang sudah dikerjakan. Semua itu dilakukan tanpa ada aktivitas tatap muka antara guru dan murid maupun sesama murid.

Banyaknya aktivitas yang dilakukan di rumah ini berpotensi menimbulkan kebosanan bagi siswa yang harus belajar dari rumah. Para siswa harus pandai-pandai mensiasati aktivitas di rumah agar tidak membosankan.

Beberapa hal ini bisa dilakukan agar kegiatan di rumah tetap bisa menyenangkan disaat himbauan tetap dirumah masih diberlakukan:

Atur jadwal belajar

Bagaimanapun juga sebagai siswa kewajiban belajar tetap harus dipenuhi karena berada di rumah bukan berarti libur. Buatlah jadwal belajar layaknya sekolah seperti pada hari biasanya.

Mulailah belajar pada jam seperti waktu kalian bersekolah. Begitu juga dengan pelajaran yang harus kalian pelajari sesuaikan dengan mata pelajaran yang berlaku.

Gunakan aplikasi belajar

Untuk mempermudah kegiatan beajar dari rumah, kalian bisa menggunakan aplikasi belajar online yang saat ini banyak tersedia di toko aplikasi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga telah menyiapkan untuk anak Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Umum (SMU), aplikasi belajar online gratis, yaitu Rumah Belajar di laman belajar.kemdikbud.go.id, yang dapat dimanfaatkan oleh semua pelajar Indonesia, dari mana pun dan kapan pun.

Nikmati hiburan

Usai memenuhi kewajiban belajar secara online tidak ada salahnya kalian menikmati hiburan dengan mendengarkan streaming musik ataupun menonton streaming video.

Bagi yang suka bermain game mobile hal ini juga bisa dilakukan setelah kewajiban belajar kalian dipenuhi.

Tetapi jangan lupa untuk membatasi kegiatan di dunia maya tersebut dengan tidak berlama-lama mengaksesnya.

Saat ini pemerintah juga telah meminta penyedia layanan streaming untuk membatasi layanannya agar penggunaan internet difokuskan untuk berkomunikasi dan mencari informasi yang dibutuhkan untuk penanggulangan pandemi covid-19 ini.

Tetap terhubung dengan teman

Tetap berada di rumah bukan berarti tidak bisa terhubung dan berkomunikasi dengan sesama teman sekolah. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk bisa berkomunikasi.

Kalian tetap bisa berkirim pesan atau pun melakukan panggilan baik suara maupun video untuk berbincang dengan teman. Media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk saling berbagi kabar.

Cermat memilih paket data

Dalam kondisi semua dilakukan secara online ini tentunya membutuhkan ekstra kuota untuk mengakses berbagai aplikasi yang dibutuhkan tersebut. Beberapa operator seluler bakan telah melaporkan adanya peningkatan penggunaan layanan data selama periode ini.

Mengantisipasi meningkatnya kebutuhan layanan data oleh para siswa, Smartfren telah meluncurkan Kartu Perdana 1ON+ (baca : ion plus) yang sangat terjangkau beserta varian Voucher Data yang berlaku mingguan.

Kartu perdana yang dibanderol dengan harga Rp20 ribu ini memberikan berbagai macam keuntungan, antara lain masa aktif kartu yang panjang hingga 365 hari, bonus kuota sebesAR 0,5GB setiap bulannya selama 6 bulan dengan total kuota 3GB.

Untuk mendapatkan bonus kuota mingguan sebesar 250 mb, pelanggan cukup melakukan isi ulang melalui voucher data atau paket volume minimal Rp10.000 tiap minggu. Bonus ini hanya didapatkan untuk satu kali dalam periode 7 hari dan tidak berlaku kelipatan.

Menurut Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim, Kartu Perdana 1ON+ ini sangat cocok di kantong pelajar yang biasanya mengisi ulang pulsanya secara mingguan sesuai dengan uang jajan mereka. Mereka selalu butuh kuota lebih, makanya kita beri bonus kuota yang cukup untuk pemakaian setiap minggunya dan tidak perlu repot memikirkan masa aktif kartu perdananya,

Keuntungan lainnya yang ditawarkan Kartu Perdna 1ON+ ini adalah kuota yang didapat pelanggan semuanya adalah kuota utama dan dapat digunakan di semua aplikasi untuk chatting, video streaming dan sosial media (FB, IG, twitter, dan lainnya).

TERBARU

Huawei Klarifikasi Hubungannya dengan Inggris

Jakarta, Selular.ID – Huawei menyangkal kabar seputar ketidakharmonisan hubungannya dengan negara Inggris. Perusahaan memastikan...

Telkom Bukukan Laba Bersih Rp18,66 Triliun

Jakarta, Selular.ID - Sepanjang tahun 2019 Telkom berhasil membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 135,57...

Transaksi Youtap Tumbuh 5x Lipat

Jakarta, Selular.ID - Youtap mencatat pertumbuhan volume transaksi non-tunai ShopeePay yang menggunakan jaringan merchantnya...

Latest