Sunday, August 9, 2020
       
Home Smartphone Bak Profesional, Ini 3 Tips Memotret dengan Smartphone ala Darwis Triadi

Bak Profesional, Ini 3 Tips Memotret dengan Smartphone ala Darwis Triadi

-

Jakarta, Selular.ID – Memotret dengan smartphone sering kali dianggap remeh. Pasalnya, sebuah smartphone diklaim tak memiliki kamera yang mumpuni. Namun, pada era digital seperti saat ini, hal itu tak lagi berlaku.

Hal ini karena, saat ini, smartphone dibekali dengan kamera yang canggih, seperti memiliki resolusi yang besar, hingga telah didukung oleh berbagai fitur fotografi. Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi tak perlu khawatir, karena, hanya dengan sebuah smartphone saja bisa menghasilkan foto bak profesional.

Setidaknya hal inilah yang dipaparkan oleh Darwis Triadi. Sosok fotografer profesional itu membagikan sedikit tips memotret hanya dengan sebuah smartphone, berikut langkah-langkahnya:

Pelajari Fitur yang Ada di Kamera

Menurut pria yang kerap disapa Om Darwis itu, langkah pertama adalah harus mengenali fitur-fitur smartphone. Mulai dari fitur-fitur pendukung sampai pada tingkat warna yang dihasilkan oleh kamera. Pasalnya, setiap kamera smartphone dibekali dengan tone warna yang berbeda.

Selain itu, keberadaan dari lensa yang beragam juga bakal mempengaruhi hasil foto, seperti lensa Ultrawide, lensa potrait, dan lensa makro.

“Saya mengambil gambar menggunakan fitur seperti zoom, expert, ataupun filter black and white” kata Om Darwis.

Meskipun kebedaraan lensa itu penting, namun Darwis menyebut besaran megapiksel tak lah penting. Menurutnya, besaran megapiksel atau resolusi pada kamera tidak begitu berpengaruh terhadap hasil gambar.

“Sebetulnya bukan seberapa besar pixelnya tapi lebih ke detailnya” ungkapnya.

Berkali-kali ia menegaskan bahwa pengambilan gambar menggunakan kamera smartphone beresolusi rendah masih bisa mendapat hasil baik, jika menggunakan teknik cahaya yang tepat.

Perhatikan Cahaya

Darwis Triadi saat memotret dengan kamera smartphone

Pencahayaan menjadi sangat penting. Menurut Darwis sebuah foto memiliki unsur utama berupa cahaya. Sehingga, pemilihan lokasi juga berpengaruh, karena bisa menentukan ada atau tidaknya cahaya.

“Jangan mengambil gambar dengan arah cahaya yang bertabrakan karena akan membuat gambar terlihat kurang bagus” ungkap Darwis.

Baca juga: Menjajal Kamera ‘108MP’ Oppo Reno3

Lebih lanjut, Darwis menyarankan jika memilih lokasi outdoor tak perlu lagi tambahan cahaya. Pasalnya, sudah ada cahaya dari matahari. Tugasnya, sang fotografer hanya perlu melihat darimana arah cahaya itu datang.

Sedangkan, jika lokasi indoor tetap perlu bantuan lightning. Namun, jangan sampai lightning yang digunakan justru menghilangkan garis contur wajah, jika objeknya manusia. Hal ini juga berbeda ketika menggunakan objek lain, yang bakal dibahas ditahap selanjutnya.

Kenali Objek

Seperti yang dikatakan sebelumnya, pemilihan objek menjadi tak kalah penting. Menurut Darwis setiap objek memiliki bentuk yang berbeda-beda.

“Kalau manusia itu kan punya kontur muka yang berbeda setiap orang, jadi kita harus memahami bentuk wajah objek yang kita ambil” terang Darwis.

Ia juga mengatakan bahwa untuk memotret model, kalian jangan terpaku dengan teori-teori yang sudah ada. Hal tersebut dikarenakan kondisi di lapangan tidak selalu sesuai dengan apa yang teori katakan.

Nah, itulah tadi sederet tips memotret ala Darwis Triadi. Berikut hasil jepretan dari Darwis menggunakan sebuah kamera smartphone:

Hasil foto dari Kamera Oppo Reno 3

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest