Saturday, March 28, 2020
Home Smartphone Teknologi AI Huawei P30 Pro Hinggap di Kamera Samsung Galaxy S20 Ultra

Teknologi AI Huawei P30 Pro Hinggap di Kamera Samsung Galaxy S20 Ultra

-

Jakarta, Selular.ID – Inovasi terbaru di dunia teknologi biasanya tertuang di lini unggulan. Seperti contohnya Samsung yang mengemas beragam teknologi anyar ke flagship terbaru, Galaxy S20 series.

Di antara segudang fitur yang dihidangkan, sektor kamera masih menjadi area paling seksi. Baik Samsung Galaxy S20, S20+, dan S20 Ultra, ketiganya mengusung trio kamera andal.

Dibandingkan dua saudaranya, Galaxy S20 Ultra menjadi model teratas dengan lembar spesifikasi tertinggi dengan keunggulan utama terletak di kamera super canggih.

Ponsel dilengkapi dengan 108MP kamera dan teknologi AI yang mampu memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna dalam menangkap momen berharga, termasuk juga dengan space zoom yang membuat ponsel mampu menangkap gambar dengan hasil yang baik meski dari jarak jauh.

Saat peluncuran, perusahaan asal Korea Selatan ini mengungkapkan fitur kamera pada Samsung Galaxy S20 Ultra dilengkapi dengan kapabilitas Artificial Intelligence (AI) untuk memberikan hasil gambar terbaik.

Tetapi ternyata, jika Anda tergolong penggiat smartphone terutama di ranah teknologi kamera, pasti sudah mengenal bahwa teknologi AI yang diusung di flagship Samsung, sudah pernah diterapkan oleh pesaing terdekatnya, di tahun lalu.

Ya, raksasa teknologi asal Cina Huawei sudah pernah menerapkan teknologi AI serupa di produk unggulan mereka tahun 2019, yakni Huawei P30 Pro.

Galaxy S20 | S20+

Sistem yang diterapkan Samsung pada triple kamera Galaxy S20 dan S20+, serupa dengan Huawei P30 yang diluncurkan Maret tahun lalu.

Anehnya, Samsung mengumbar kamera beresolusi tinggi dengan 64MP pada S20 dan S20+ seakan ia menjadi kamera utama. Padahal kamera 64MP miliknya terdapat di lensa telephoto yang menampilkan 3x optical zoom.

Sedangkan perangkat Huawei P30 Pro dilengkapi dengan tiga kamera dengan spesifikasi kamera utama 40MP (27mm, f/1.6), kemudian ada kamera ultrawide angle 20MP (16mm ultrawide sensor, f/2.2) dan kamera telephoto 8MP dengan SuperZoom Lens (5x Optical Periscope prism f/3.4).

Galaxy S20 Ultra

Tidak hanya S20 dan S20+, teknologi AI 10x optical zoom yang tersemat di kamera Samsung Galaxy S20 Ultra juga tidak sepenuhnya baru. Lagi-lagi teknologi itu sudah pernah kami lihat di produk Huawei tahun lalu, Huawei P30 Pro.

Bila Anda sudah pernah menggunakan 10x optical zoom dari kamera ponsel, mungkin sudah mahfum jika semakin tinggi tingkat zoom pada kamera, sebenarnya semakin menyulitkan pengguna untuk bisa mendapatkan posisi yang stabil dan menangkap gambar yang baik. Begitu juga pada Samsung Galaxy S20 Ultra.

Maka dari itu Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki teknologi Super Steady dengan bantuan AI untuk menganalisa dan menangkap gambar yang lebih stabil.

Tentu saja, teknologi itu juga sudah diperkenalkan Huawei pada produk P30 Pro dengan Optical Image Stabilisation yang menggunakan teknologi AI Image Stabilisation (AIS) untuk meningkatkan sinergi antara software dan hardware untuk meningkatkan stabilitas pemotretan zoom dari jarak jauh.

Bila Anda kepincut dengan Samsung Galaxy S20 Ultra, ponsel ditawarkan dengan banderol harga resmi Rp18,5 juta (12/128). Sementara Galaxy S20 dijual Rp13 juta (8/128) dan Galaxy S20+ seharga Rp14,5 juta (8/128).

Sebagai perbandingan, teknologi AI kamera yang serupa juga bisa Anda temukan di ponsel lain contohnya Huawei P30 Pro yang saat ini dibanderol dengan harga resmi Rp10,5 juta.

Latest