Friday, April 10, 2020
Home News Strategi Nasional AI Rampung Juli 2020

Strategi Nasional AI Rampung Juli 2020

-

Jakarta, Selular.ID – ​Pemerintah sedang menyiapkan strategi Nasional pengembangan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Michael Andreas Purwoadi, Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi BPPT mengatakan, bahwa sesuai permintaan Johnny Gerard Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menginginkan National AI ditargetkan rampung bulan Juli 2020.

“Iya pak menteri mintanya bulan Juli 2020. Kita usahakan lah ya,” ujar pria yang biasa disapa Purwoadi, di Jakarta (20/02/20).

Diakui Purwoadi, selama ini, kecerdasan buatan hanya jadi bagian dari Revolusi Industri 4.0 di Indonesia, tapi tidak memiliki roadmap nasional.

Nantinya, di strategi itu dalamnya ada roadmapnya. Menurut dia, roadmap dapat berubah – ubah sesuai dengan kondisi. Namun untuk strategi tidak.

“Kalau banyak perubahan ya percuma. Kita udah tetapkan lima tahun kita sudah mulai sesuai, tapi nanti di tengah jalan berubah,” kata Purwoadi lagi.

Purwoadi berharap, strategi nasional kecerdasan buatan ini bisa mendukung pengembangan sosial dan ekonomi di Indonesia. Mulai dari sektor kesehatan, keamanan siber, hingga industri pengolahan.

Baca Juga :Tips Menguatkan Sistem Keamanan Data pada NAS

“Nanti dikaji penerapan di bagian mana yang paling memungkinkan,” ujar Purwoadi.

Purwoadi menambahkan, pentingnya pengembangan kecerdasan buatan, termasuk di perusahaan di Indonesia. “Apabila suatu perusahaan tidak menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI) sekarang, maka kemajuan perusahaan ini akan tertinggal dengan perusahaan lainnya,”tutup Purwoadi

TERBARU

Bantu Tunanetra, Google Luncurkan Braille Keyboard ‘Talkback’

Jakarta, Selular.ID - Google baru saja mengumumkan keyboard yang baru diluncurkannya, yakni sejenis Braille. Papan...

Menilik Lebih Dalam Kemampuan Kamera Oppo Find X2 Series...

Jakarta, Selular.ID - Besaran Megapiksel tak selalu menjadi tolak ukur kualitas kamera, melainkan ada...

Huawei Mempertimbangkan Chipset 5G dari Samsung dan MediaTek

Jakarta, Selular.ID - Larangan perdagangan antara Huawei dan AS mempengaruhi kedua belah pihak. Banyak...

Latest